skip to main content

Pemanfataan Popularitas Musik Korea pada Program Radio


Citation Format:
Abstract
Musik merupakan sesuatu hal yang tak akan pernah bisa lepas darikehidupan kita, tanpa musik dunia ini tak akan berwarna. Oleh sebab itu, saat inimasyarakat sangat mengikuti perkembangan musik di Indonesia. Sebagai contoh, musikKorea. Kpop atau Korean Pop merupakan salah satu fenomena yang sekarang ini sedangterjadi di masyarakat. Radio memiliki beberapa fungsi, dimana salah satu fungsinyaadalah menghibur. Melalui program acaranya, radio akan berusaha menghiburpendengarnya. Berbagai acara disajikannya sesuai dengan keinginan masyarakat,sehingga radio memiliki pangsa pasarnya sendiri. Pangsa pasar inilah yang biasanyadilirik pengiklan memasarkan produknya, yang bersifat timbal balik dengan stasiunradionya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan popularitas musikKorea dalam program acara sebuah radio. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini “diskriptif kualitatif” dengan menggunakan nara sumber beberapa orangyang berkaitan dengan tujuan penelitian, dalam hal ini adalah bagian program danmarketing radio Gaya dan Sonora Semarang.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa program acara yangmenggunakan popularitas musik Korea di Radio Sonora adalah SOS (Sonora OrientalSong) dan AMKM (Anda Meminta Kami Memutar), serta di Radio Gaya adalah GayaOriental. Program acara tersebut merupakan program unggulan dari masing-masingradio, hal ini dapat dilihat dengan jam siar yang masuk dalam jam prime time. Artinya,pada jam tersebut pendengar radio sangat banyak dan harga iklanpun termasuk mahal.Jadi, radio tidak hanya meningkatkan pendapatannya tetapi juga menghasilkan jumlahpendengar yang semakin banyak.Kata Kunci : Popularitas Musik Korea, Program Acara, Manfaat
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.