skip to main content

Propaganda Kelompok Hijab Syar’i Terhadap Kelompok Hijab Style dalam Buku “Yuk Berhijab!”

*Zulinda Vidiatama  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Agus Naryoso, S.Sos, M.Si  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP

Citation Format:
Abstract
Fashion muslimah di Indonesia makin berkembang dari tahun ke tahun. Setelah Hijab Style menjadi terkenal lewat kelompok Hijabers Community-nya muncullah komunitas Hijab Syar’i yang bertujuan untuk meng-counter gerakan kelompok Hijab dengan berpendapat bahwa Hijab Style “tidak memenuhi syari’at Islam. Dalam penelitian kualitatif dengan kajian semiotika ini, peneliti mencoba menggambarkan propaganda yang ada di dalam buku Yuk Berhijab!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Yuk Berhijab! secara umum menjelaskan bahwa hijab bukanlah sekedar fashion dan konsumtivisme, namun hijab merupakan syiar agama yang wajib dipenuhi syarat-syaratnya. Buku ini merupakan ajakan kepada kaum wanita yang saat ini masih menggandrungi tren hijab style untuk secara perlahan menggunakan hijab syari yang sesuai dengan ajaran agama. Penggunaan hijab dengan aneka aksesorisnya yang tidak sesuai dengan aturan syariat, pada dasarnya merupakan hal yang salah. Teknik propaganda yang digunakan penulis baik dalam tulisan maupun komiknya antara lain Name Calling, Glittering Generalities, Card Stacking, Plain Folks, dan Band Wagon
Fulltext View|Download
Keywords: propaganda, hijab syar’i, hijab style, fashion as communication, teknik propaganda.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.