Propaganda Kelompok Hijab Syar’i Terhadap Kelompok Hijab Style dalam Buku “Yuk Berhijab!”

Zulinda Vidiatama, Agus Naryoso, S.Sos, M.Si

Abstract


Fashion muslimah di Indonesia makin berkembang dari tahun ke tahun. Setelah Hijab Style menjadi terkenal lewat kelompok Hijabers Community-nya muncullah komunitas Hijab Syar’i yang bertujuan untuk meng-counter gerakan kelompok Hijab dengan berpendapat bahwa Hijab Style “tidak memenuhi syari’at Islam. Dalam penelitian kualitatif dengan kajian semiotika ini, peneliti mencoba menggambarkan propaganda yang ada di dalam buku Yuk Berhijab!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Yuk Berhijab! secara umum menjelaskan bahwa hijab bukanlah sekedar fashion dan konsumtivisme, namun hijab merupakan syiar agama yang wajib dipenuhi syarat-syaratnya. Buku ini merupakan ajakan kepada kaum wanita yang saat ini masih menggandrungi tren hijab style untuk secara perlahan menggunakan hijab syari yang sesuai dengan ajaran agama. Penggunaan hijab dengan aneka aksesorisnya yang tidak sesuai dengan aturan syariat, pada dasarnya merupakan hal yang salah. Teknik propaganda yang digunakan penulis baik dalam tulisan maupun komiknya antara lain Name Calling, Glittering Generalities, Card Stacking, Plain Folks, dan Band Wagon

Keywords


propaganda, hijab syar’i, hijab style, fashion as communication, teknik propaganda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung