skip to main content

PENGARUH PLAYFULNESS ADVERGAME TERHADAP LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK)

*Hario Trigoseno  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP

Citation Format:
Abstract
Advergame merupakan salah satu marketing tools yang mulai digunakan di Indonesia. Game memiliki sifat yang interaktif dimana terdapat sebuah pesan yang ingin disampaikan pemasar melalui media yang dinilai menyenangkan ini, melalui rules yang ada pada game ini tanpa sadar para pemain mengikuti peraturan permainan dan berpatisipasi aktif mengolah pesan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Playfulness dalam advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek) dengan menggunakan pendekatan positivistic yang menguji relasi 2 variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan teknik one shot case study dengan total sampel 30 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok dengan tingkat Playfulness tinggi (P1) dan kelompok dengan tingkat Playfulness rendah (P2). Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner diberikan pada partisipan setelah bermain advergame. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dua kelompok beda Independent Sample T-Test dengan memenuhi uji Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. serta menggunakan uji Mann Whitney U bila uji normalitas tidak memenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat playfulness dalam advergame sangat berpengaruh terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Hal ini disebabkan nilai probabilitas signifikansi pada Uji Independent Sample Test menunjukkan nilai >0,01. Selain itu nilai rata-rata kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Tingkat Playfulness adalah aspek yang perlu diperhatikan dalam pemahaman pesan game.
Fulltext View|Download
Keywords: Advergame, playfulness, Pemahaman pesan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.