BibTex Citation Data :
@article{IO13650, author = {Hario Trigoseno and Djoko Setyabudi, S.Sos, MM}, title = {PENGARUH PLAYFULNESS ADVERGAME TERHADAP LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK)}, journal = {Interaksi Online}, volume = {4}, number = {4}, year = {2016}, keywords = {Advergame, playfulness, Pemahaman pesan}, abstract = {Advergame merupakan salah satu marketing tools yang mulai digunakan di Indonesia. Game memiliki sifat yang interaktif dimana terdapat sebuah pesan yang ingin disampaikan pemasar melalui media yang dinilai menyenangkan ini, melalui rules yang ada pada game ini tanpa sadar para pemain mengikuti peraturan permainan dan berpatisipasi aktif mengolah pesan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Playfulness dalam advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek) dengan menggunakan pendekatan positivistic yang menguji relasi 2 variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan teknik one shot case study dengan total sampel 30 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok dengan tingkat Playfulness tinggi (P1) dan kelompok dengan tingkat Playfulness rendah (P2). Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner diberikan pada partisipan setelah bermain advergame. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dua kelompok beda Independent Sample T-Test dengan memenuhi uji Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. serta menggunakan uji Mann Whitney U bila uji normalitas tidak memenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat playfulness dalam advergame sangat berpengaruh terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Hal ini disebabkan nilai probabilitas signifikansi pada Uji Independent Sample Test menunjukkan nilai >0,01. Selain itu nilai rata-rata kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Tingkat Playfulness adalah aspek yang perlu diperhatikan dalam pemahaman pesan game.}, pages = {1--11} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/13650} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.