BibTex Citation Data :
@article{IO11317, author = {Luhung Nalar Wangi and Nurist Surayya Ulfa, S.Sos, M.Si}, title = {HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PRODUK PEMUTIH KULIT DI TELEVISI DAN PERSEPSI ANAK TENTANG KULIT PUTIH DENGAN PREFERENSI ANAK PADA KULIT PUTIH}, journal = {Interaksi Online}, volume = {4}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {terpaan iklan; produk pemutih kulit; persepsi anak; preferensi anak; kulit putih; unintended effect}, abstract = { Penelitian ini berangkat dari data penelitian sebelumnya yang menunjukkan tingginya persentase iklan produk dewasa terutama produk kecantikan pada jam tayang anak. Di lain sisi, data di lapangan yang penulis peroleh dari berbagai forum diskusi ibu-ibu menunjukkan banyaknya anak-anak usia sekolah dasar yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulitnya dan cenderung lebih menginginkan kulit putih. Selain itu data tersebut juga didukung dari hasil pra riset yang penulis lakukan pada anak-anak perempuan usia sekolah dasar yang menunjukkan preferensi anak-anak terhadap kulit putih terbilang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menggunakan teori efek media untuk menjelaskan hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih. Sedangkan teori tentang efek iklan pada anak intended and unintended effect digunakan untuk menjelaskan bahwa persepsi anak tentang kulit putih dan preferensi anak pada kulit putih merupakan dampak tidak di sengaja dari adanya paparan iklan produk pemutih kulit di televisi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak perempuan usia 10-12 tahun yang sudah terterpa iklan produk pemutih kulit di televisi dan sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan teknik purposive sampling. Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Korelasi Kendall Taub. Uji hipotesis pertama antara terpaan iklan dengan preferensi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji hipotesis kedua antara terpaan iklan dengan persepsi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (<0,05). Uji hipotesis ketiga antara persepsi dengan preferensi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000(<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk dewasa yang tayang pada jam tayang anak memiliki unintended effect pada anak-anak, sehingga saran untuk masyarakat khususnya kalangan orang tua agar menaruh perhatian lebih pada paparan iklan yang menerpa anak-anak dan saran untuk pihak pemegang regulasi (KPI) sebaiknya memperketat aturan tentang iklan pada jam tayang anak. }, pages = {1--11} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/11317} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini berangkat dari data penelitian sebelumnya yangmenunjukkan tingginya persentase iklan produk dewasa terutama produkkecantikan pada jam tayang anak. Di lain sisi, data di lapangan yang penulisperoleh dari berbagai forum diskusi ibu-ibu menunjukkan banyaknya anak-anakusia sekolah dasar yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulitnya dancenderung lebih menginginkan kulit putih. Selain itu data tersebut jugadidukung dari hasil pra riset yang penulis lakukan pada anak-anak perempuanusia sekolah dasar yang menunjukkan preferensi anak-anak terhadap kulit putihterbilang tinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan iklanproduk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih denganpreferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menggunakan teori efek mediauntuk menjelaskan hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi danpersepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.Sedangkan teori tentang efek iklan pada anak intended and unintended effectdigunakan untuk menjelaskan bahwa persepsi anak tentang kulit putih danpreferensi anak pada kulit putih merupakan dampak tidak di sengaja dariadanya paparan iklan produk pemutih kulit di televisi. Populasi dalampenelitian ini adalah anak perempuan usia 10-12 tahun yang sudah terterpaiklan produk pemutih kulit di televisi dan sampel yang diambil sebanyak 50orang dengan teknik purposive sampling.Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Korelasi Kendall Taub.Uji hipotesis pertama antara terpaan iklan dengan preferensi menunjukkannilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji hipotesis kedua antara terpaan iklandengan persepsi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (<0,05). Ujihipotesis ketiga antara persepsi dengan preferensi menunjukkan nilaisignifikansi sebesar 0,000(<0,05).Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwaterdapat hubungan antara terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi danpersepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk dewasa yang tayang pada jamtayang anak memiliki unintended effect pada anak-anak, sehingga saran untukmasyarakat khususnya kalangan orang tua agar menaruh perhatian lebih padapaparan iklan yang menerpa anak-anak dan saran untuk pihak pemegangregulasi (KPI) sebaiknya memperketat aturan tentang iklan pada jam tayanganak.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.