HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PRODUK PEMUTIH KULIT DI TELEVISI DAN PERSEPSI ANAK TENTANG KULIT PUTIH DENGAN PREFERENSI ANAK PADA KULIT PUTIH

Luhung Nalar Wangi, Nurist Surayya Ulfa, S.Sos, M.Si

Abstract


Penelitian ini berangkat dari data penelitian sebelumnya yang
menunjukkan tingginya persentase iklan produk dewasa terutama produk
kecantikan pada jam tayang anak. Di lain sisi, data di lapangan yang penulis
peroleh dari berbagai forum diskusi ibu-ibu menunjukkan banyaknya anak-anak
usia sekolah dasar yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulitnya dan
cenderung lebih menginginkan kulit putih. Selain itu data tersebut juga
didukung dari hasil pra riset yang penulis lakukan pada anak-anak perempuan
usia sekolah dasar yang menunjukkan preferensi anak-anak terhadap kulit putih
terbilang tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan iklan
produk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih dengan
preferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menggunakan teori efek media
untuk menjelaskan hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan
persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.
Sedangkan teori tentang efek iklan pada anak intended and unintended effect
digunakan untuk menjelaskan bahwa persepsi anak tentang kulit putih dan
preferensi anak pada kulit putih merupakan dampak tidak di sengaja dari
adanya paparan iklan produk pemutih kulit di televisi. Populasi dalam
penelitian ini adalah anak perempuan usia 10-12 tahun yang sudah terterpa
iklan produk pemutih kulit di televisi dan sampel yang diambil sebanyak 50
orang dengan teknik purposive sampling.
Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Korelasi Kendall Taub.
Uji hipotesis pertama antara terpaan iklan dengan preferensi menunjukkan
nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji hipotesis kedua antara terpaan iklan
dengan persepsi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (<0,05). Uji
hipotesis ketiga antara persepsi dengan preferensi menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,000(<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
terdapat hubungan antara terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan
persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.
Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk dewasa yang tayang pada jam
tayang anak memiliki unintended effect pada anak-anak, sehingga saran untuk
masyarakat khususnya kalangan orang tua agar menaruh perhatian lebih pada
paparan iklan yang menerpa anak-anak dan saran untuk pihak pemegang
regulasi (KPI) sebaiknya memperketat aturan tentang iklan pada jam tayang
anak.


Keywords


terpaan iklan; produk pemutih kulit; persepsi anak; preferensi anak; kulit putih; unintended effect

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung