HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PRODUK PEMUTIH KULIT DI TELEVISI DAN PERSEPSI ANAK TENTANG KULIT PUTIH DENGAN PREFERENSI ANAK PADA KULIT PUTIH

*Luhung Nalar Wangi  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Nurist Surayya Ulfa, S.Sos, M.Si  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Published: 4 Apr 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 36 126
Abstract

Penelitian ini berangkat dari data penelitian sebelumnya yang
menunjukkan tingginya persentase iklan produk dewasa terutama produk
kecantikan pada jam tayang anak. Di lain sisi, data di lapangan yang penulis
peroleh dari berbagai forum diskusi ibu-ibu menunjukkan banyaknya anak-anak
usia sekolah dasar yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulitnya dan
cenderung lebih menginginkan kulit putih. Selain itu data tersebut juga
didukung dari hasil pra riset yang penulis lakukan pada anak-anak perempuan
usia sekolah dasar yang menunjukkan preferensi anak-anak terhadap kulit putih
terbilang tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan iklan
produk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih dengan
preferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menggunakan teori efek media
untuk menjelaskan hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan
persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.
Sedangkan teori tentang efek iklan pada anak intended and unintended effect
digunakan untuk menjelaskan bahwa persepsi anak tentang kulit putih dan
preferensi anak pada kulit putih merupakan dampak tidak di sengaja dari
adanya paparan iklan produk pemutih kulit di televisi. Populasi dalam
penelitian ini adalah anak perempuan usia 10-12 tahun yang sudah terterpa
iklan produk pemutih kulit di televisi dan sampel yang diambil sebanyak 50
orang dengan teknik purposive sampling.
Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Korelasi Kendall Taub.
Uji hipotesis pertama antara terpaan iklan dengan preferensi menunjukkan
nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji hipotesis kedua antara terpaan iklan
dengan persepsi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (<0,05). Uji
hipotesis ketiga antara persepsi dengan preferensi menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,000(<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
terdapat hubungan antara terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi dan
persepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.
Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk dewasa yang tayang pada jam
tayang anak memiliki unintended effect pada anak-anak, sehingga saran untuk
masyarakat khususnya kalangan orang tua agar menaruh perhatian lebih pada
paparan iklan yang menerpa anak-anak dan saran untuk pihak pemegang
regulasi (KPI) sebaiknya memperketat aturan tentang iklan pada jam tayang
anak.

Keywords: terpaan iklan; produk pemutih kulit; persepsi anak; preferensi anak; kulit putih; unintended effect

Article Metrics: