Pengaruh Terpaan Iklan HiLo School di Televisi dan Tingkat Konformitas Kelompok Sebaya Terhadap Persepsi Anak Tentang Tubuh Tinggi.

Luthfiana Dewi ., Nurist Surayya Ulfa S.Sos, M.Si

Abstract


Tingginya intensitas iklan pada jam tayang anak menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan mengingat anak-anak merupakan khalayak yang rentan terhadap pengaruh iklan televisi karena kemampuan kognitif mereka yang terbatas. Karena keterbatasan inilah maka anak-anak merupakan kelompok yang sangat mudah dipersuasi. Namun, iklan di televisi bukanlah satu-satunya sarana yang membentuk dan mempengaruhi persepsi khalayak, persepsi juga bisa muncul karena tingkat konformitas kelompok sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara terpaan iklan HiLo School di televisi ( ) dan tingkat konformitas kelompok sebaya ( ) terhadap persepsi anak tentang tubuh tinggi (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Advertising Exposure Theory dengan teori pendukung Priming Theory dan Social Comparison Theory. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah ekplanatori. Teknik sampel yang digunakan untuk menentukan sampel adalah non probability sampling, dengan total sampel 50 responden. Alat yang digunakan untuk analisi data adalah uji satistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan variabel terpaan iklan memiliki pengaruh sebesar 4,1% terhadap persepsi anak tentang tubuh tinggi. Namun pengaruh antara terpaan iklan hilo school dan persepsi anak tentang tubuh tinggi tidaklah signifikan. Hal ini ditunjukkan pada angka signifikansi sebesar 0,160 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,526. Hasil penelitian ini menolak Advertising Exposure Theory dan teori pendukung Priming Theory. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan variabel tingkat konformitas kelompok sebaya memiliki pengaruh sebesar 24,7 % terhadap persepsi anak tentang tubuh tinggi. Pengaruh antara tingkat konformitas kelompok sebaya terhadap persepsi anak tentang tubuh tinggi merupakan pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan pada angka signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,295. Dengan demikian semakin tinggi tingkat konformitas kelompok sebaya, semakin baik/positif persepsi anak tentang tubuh tinggi. Hasil penelitian ini mendukung Social Comparison Theory.

Keywords


Terpaan iklan; tingkat konformitas kelompok sebaya; persepsi anak tentang tubuh tinggi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung