Hubungan Iklim Komunikasi Kepegawaian dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Dinda Cahaya Intan Mutiara, Dra. Taufik Suprihartini, M.Si

Abstract


Pegawai merupakan salah satu komponen esensial dalam suatu sistem organisasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.Peran dan tanggung jawab pegawai sangat penting dalam mewujudka kualitas manusia.Tanpa disadari, iklim komunikasi di Dinbudpar Jateng tidak sehat dan kurang kondusif. Selain itu, ditemukan masalah mengenai gaya kepemimpinan yang ditunjukan oleh pimpinan Dinbudpar Jateng sendiri lebih mengarah ke birokrasi.  

Kerangka teoritis yang digunakan untuk menjelaskan Iklim Komunikasi (X1)  dengan Kinerja Pegawai  di Dinbudpar Jateng (Y) menggunakan pemikiran dari Kopleman, Brief, dan Guzzo (Pace&Faules, 2006;148). Sedangkan kerangka teoritis yag menggabungkan Gaya Kepemimpinan (X2) dengan Kinerja Pegawai Dinbudpar Jateng menggunakan pemikiran Fred Fiedler (Thoha, 1999:255-256). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe explanatory dengan pendekatan metode kuantitatif. Sedangkan teknik pengambila sampel menggunakan total random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 111 responden. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji korelasi Persson Corellationdengan bantuan program SPSS for Windows Versi 17,0.

Hasil analisi variabel X1 (Iklim Komunikasi) menunjukan nilai r hitung sebesar 0,425 dan lebih besar dari r tabel dengan signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Ini berarti hipotesis yang menyatakan Iklim Komunikasi mempunyai hubungan terhadap Kinerja Pegawai terbukti. Sedangkan variabel X2 (Gaya Kepemimpinan) menunjukan r hitung sebesar 0,591 dan lebih besar dari r tabel dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Ini berarti hipotesis yang menyatakan Gaya Kepemimpinan mempunyai hubungan terhadap Kinerja Pegawai terbukti. Selanjutnya dari hasil uji korelasi diperoleh 0,812 dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa Iklim Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan mempunyai hubungan terhadap Kinerja Pegawai


Keywords


Iklim Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung