Pengelolaan Aplikasi Berbasis Lokasi “Dalam Kota (Dalkot)” Divisi Marketing Communication Director dan Divisi Production Director

Published: 30 Dec 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 51 30
Abstract

Dalkot (Dalam Kota) adalah sebuah layanan aplikasi seluler yang memanfaatkan Location-Based Service (LBS) yang menyediakan informasi mengenai lokasi wisata dan hiburan berdasarkan lokasi fisik penggunanya, dan sejak tanggal 6 Mei 2015 Aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis melalui Google Play (Android) dan Apple Store (iOS). Namun ternyata sejak pertama kali aplikasi Dalkot soft launching, jumlah pengunduh aplikasi Dalkot sangatlah sedikit, belum banyak masyarakat kota Semarang yang mengunduh atau sekedar mengetahui keberadaan aplikasi Dalkot, beragam fitur dan konten informatif yang dimiliki oleh aplikasi Dalkot nyatanya belum mampu dipasarkan secara baik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengelola dan mengkomunikasikan aplikasi Dalkot dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunduh. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibuat kegiatan, pengelolaan aplikasi Dalkot dalam bidang marketing communication yang terdiri dari kegiatan pre-event dalam bentuk buzzing melalui media sosial, dan event Dalkot Way-to-Eat sebagai sebuah strategi promosi yang berlangsung di 10 tempat kuliner di Kota Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku target audiens untuk mengunduh Aplikasi Dalkot, selain itu juga terdapat kegiatan advertising dan online marketing sebagai bentuk penyebaran informasi mengenai aplikasi Dalkot sendiri dan event Dalkot Way-to-Eat.
Sebagai Marketing Communication Director dan Production Director, penulis bertanggung jawab pada penyusunan dan realisasi konsep produksi, promotion, dan marketing secara keseluruhan, Hasilnya, kegiatan pengelolaan aplikasi Dalkot dalam bidang marketing communication ini efektif meningkatkan perilaku target audiens untuk mengunduh Aplikasi Dalkot. Untuk kedepan, PT. Maju Dalam Kota perlu untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan engagement dengan target audiens, dan hal ini bisa dilakukan dengan pelaksanaan kegiatan serupa secara kontinyu.

Keywords: Marketing, Aplikasi, Promosi

Article Metrics: