PENGARUH DURASI BERMAIN ADVERGAME TERHADAP LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK)

Published: 30 Dec 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 47 36
Abstract

Cool Cubes, sebuah advergame yang dirancang khusus untuk
menyampaikan brand message (pesan merek) dari Lipton Ice Tea. Brand message
(pesan merek) di dalam advergame ini disampaikan melalui konten-konten yang
ada di dalam advergame. Advergame sendiri merupakan salah satu alat
komunikasi pemasaran yang sudah lama digunakan di luar negeri, tetapi masih
jarang digunakan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi bermain
advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand
message (pesan merek). Dengan pendekatan positivism, penelitian ini digunakan
untuk menjelaskan relasi sebab-akibat antar 2 variabel, dengan total 24 indikator.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimental dengan teknik
non-probability sampling dengan jumlah total populasi sampling sebanyak 30
sample. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan empat prosedur
yaitu uji normalitas Kolomogrov Smirnov dengan uji beda dua kali pengukuran
Wilcoxon dan uji normalitas Saphiro Wilk dengan analisis komparatif dua
kelompok beda Independent Sample T-Test sehingga ditemukan pemgaruh durasi
bermain advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari
brand message (pesan merek).
Hasil penelitian menemukan bahwa ada pengaruh antara durasi bermain
advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand
message (pesan merek). Pengaruh ini ditunjukan melalui perbedaan nilai rata-rata
dari levels of comprehension (tingkat pemahaman) pada dua kelompok yang diuji.
Kelompok yang memainkan advergame dengan durasi yang tinggi memiliki levels
of comprehension (tingkat pemahaman) yang lebih tinggi dibandingkan dengan
kelompok yang memainkan advergame dengan durasi rendah.

Keywords: Advergame, Pemahaman Pesan, Uji Beda

Article Metrics: