Hubungan Intensitas Memperoleh Informasi dari Majalah Hijabella dan Daya Tarik Konten dengan Perilaku Imitasi Hijab Modern Syar’i.

Published: 30 Dec 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 34 46
Abstract

Busana Hijab sedang digemari oleh muslimah pengguna jilbab saat ini. Model hijab
yang dikenakan semakin modern dan up to date. Hal ini dilirik oleh Dian Pelangi selaku
designer hijab terkemuka untuk menerbitkan majalah khusus membahas tentang dunia Islam
dan Hijab. Majalah yang diterbitkan oleh Dian pelangi ialah Majalah Hijabella. Tujuan
penelitian ini untuk mengkaji hubungan intensitas memperoleh informasi dari majalah
Hijabella dan daya tarik konten dengan perilaku imitasi hijab modern syar’i. Teori yang
digunakan adalah Teori Pembelajaran Sosial.. Tipe penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tipe penelitian explanatory (penjelasan). Sedangkan Teknik pengambilan
sampelnya adalah Random dengan total sampel sebanyak 90 responden. Alat yang digunakan
untuk analisis data adalah uji statistik Kendall’s tau_b.
Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat hubungan
yang kurang signifikan antara intensitas memperoleh informasi dari Majalah Hijabella
dengan Perilaku imitasi hijab modern syar’i. Ditunjukkan pada angka kurang signifikan
sebesar 0.102 dengan koefisien korelasi -.136. Hasil pengujian hipotesis kedua yang
menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara daya tarik konten dan perilaku
imitasi hijab modern syar’i. Hipotesis kedua ini ditunjukkan dengan hasil signifikan yaitu
sebesar 0,001 dengan koefisien korelasi 0,249.

Keywords: Intensitas Membaca, Daya Tarik dan Perilaku Imitasi

Article Metrics: