BibTex Citation Data :
@article{IMAJI5674, author = {Yohanes Bintang}, title = {SEMARANG AIRSOFT HEADQUARTER PENEKANAN DESAIN HI-TECH ARCHITECTURE}, journal = {IMAJI}, volume = {3}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Airsoft adalah olahraga yang memiliki komunitas yang cukup besar di Semarang. Sedikitnya terdapat enam klub airsoft yang resmi terdaftar di PORGASI Jawa Tengah. Para pecinta olahraga airsoft ini selain aktif bermain setiap minggunya, juga telah beberapa kali menyelenggarakan event. Beberapa event yang telah diadakan bekerjasama dengan perbakin dan banteng raider. Pecinta olahraga airsoft di Semarang semakin bertambah tiap tahunnya, namun tidak diimbangi dengan fasilitas bermain yang memadai. Melihat fenomena dan permasalahan tersebut, perlu dirancang sebuah wadah bagi pecinta olahraga airsoft. Oleh karena itu perlu dibuat arena permainan airsoft di Semarang baik dengan fasilitas arena outdoor dan indoor, serta fasilitas lain termasuk fasilitas komersil yang menunjang, seperti toko, persewaan, dan tempat servis airsoft. Pembahasan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : studi pustaka/ studi literatur, data dari instansi terkait, wawancara dengan narasumber, observasi lapangan serta browsing internet. Kemudian mendokumentasikan data dan mengadakan studi banding. Data yang telah terkumpul, diidentifikasi dan dianalisa dengan membandingkan dengan arena airsoft yang sudah ada di Indonesia, sehingga tersusun Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur bangunan Semarang Airsoft Headquarter dengan penekanan desain Hi-Tech Architecture. Penekanan desain yang digunakan dalam perancangan Semarang Airsoft Headquarter ini adalah konsep Hi-Tech Architecture. Bangunan mengekspresikan kesan modern dan dinamis dengan menonjolkan ‘hi-tech impression’ (silver aesthetic) yang di dapat bukan hanya melalui penggunaan warna abu-abu metalik, biru, merah, maupun kuning, tetapi juga melalui keharmonisan elemen- elemen yang melatar belakanginya. Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain. }, issn = {2089-3892}, pages = {429--438} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/imaji/article/view/5674} }
Refworks Citation Data :
Airsoft adalah olahraga yang memiliki komunitas yang cukup besar di Semarang. Sedikitnya terdapat enam klub airsoft yang resmi terdaftar di PORGASI Jawa Tengah. Para pecinta olahraga airsoft ini selain aktif bermain setiap minggunya, juga telah beberapa kali menyelenggarakan event. Beberapa event yang telah diadakan bekerjasama dengan perbakin dan banteng raider. Pecinta olahraga airsoft di Semarang semakin bertambah tiap tahunnya, namun tidak diimbangi dengan fasilitas bermain yang memadai. Melihat fenomena dan permasalahan tersebut, perlu dirancang sebuah wadah bagi pecinta olahraga airsoft. Oleh karena itu perlu dibuat arena permainan airsoft di Semarang baik dengan fasilitas arena outdoor dan indoor, serta fasilitas lain termasuk fasilitas komersil yang menunjang, seperti toko, persewaan, dan tempat servis airsoft. Pembahasan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : studi pustaka/ studi literatur, data dari instansi terkait, wawancara dengan narasumber, observasi lapangan serta browsing internet. Kemudian mendokumentasikan data dan mengadakan studi banding. Data yang telah terkumpul, diidentifikasi dan dianalisa dengan membandingkan dengan arena airsoft yang sudah ada di Indonesia, sehingga tersusun Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur bangunan Semarang Airsoft Headquarter dengan penekanan desain Hi-Tech Architecture. Penekanan desain yang digunakan dalam perancangan Semarang Airsoft Headquarter ini adalah konsep Hi-Tech Architecture. Bangunan mengekspresikan kesan modern dan dinamis dengan menonjolkan ‘hi-tech impression’ (silver aesthetic) yang di dapat bukan hanya melalui penggunaan warna abu-abu metalik, biru, merah, maupun kuning, tetapi juga melalui keharmonisan elemen-elemen yang melatar belakanginya. Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain.
Last update:
Alamat RedaksiJurnal IMAJI (ISSN 2089-3892) :Jurusan Arsitektur FT. UNDIPJl. Prof. Soedarto, SH Kampus Tembalang SemarangTelp. (024) 7470690, Fax. (024) 7470690e-mail : imaji@arsitektur.undip.ac.id