SEMARANG AIRSOFT HEADQUARTER PENEKANAN DESAIN HI-TECH ARCHITECTURE

*Yohanes Bintang  -  jaft undip
Received: 27 Jun 2014; Published: 1 Jul 2014.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Full Text:
Statistics: 13 16
Abstract

Airsoft adalah olahraga yang memiliki komunitas yang cukup besar di Semarang. Sedikitnya
terdapat enam klub airsoft yang resmi terdaftar di PORGASI Jawa Tengah. Para pecinta olahraga
airsoft ini selain aktif bermain setiap minggunya, juga telah beberapa kali menyelenggarakan event.
Beberapa event yang telah diadakan bekerjasama dengan perbakin dan banteng raider. Pecinta
olahraga airsoft di Semarang semakin bertambah tiap tahunnya, namun tidak diimbangi dengan
fasilitas bermain yang memadai. Melihat fenomena dan permasalahan tersebut, perlu dirancang
sebuah wadah bagi pecinta olahraga airsoft. Oleh karena itu perlu dibuat arena permainan airsoft di
Semarang baik dengan fasilitas arena outdoor dan indoor, serta fasilitas lain termasuk fasilitas
komersil yang menunjang, seperti toko, persewaan, dan tempat servis airsoft.
Pembahasan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara : studi pustaka/ studi literatur, data dari instansi terkait,
wawancara dengan narasumber, observasi lapangan serta browsing internet. Kemudian
mendokumentasikan data dan mengadakan studi banding. Data yang telah terkumpul, diidentifikasi
dan dianalisa dengan membandingkan dengan arena airsoft yang sudah ada di Indonesia, sehingga
tersusun Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur bangunan Semarang Airsoft
Headquarter dengan penekanan desain Hi-Tech Architecture.
Penekanan desain yang digunakan dalam perancangan Semarang Airsoft Headquarter ini
adalah konsep Hi-Tech Architecture. Bangunan mengekspresikan kesan modern dan dinamis dengan
menonjolkan ‘hi-tech impression’ (silver aesthetic) yang di dapat bukan hanya melalui penggunaan
warna abu-abu metalik, biru, merah, maupun kuning, tetapi juga melalui keharmonisan elemen-
elemen yang melatar belakanginya.
Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan
3 dimensi sebagai ilustrasi desain.

Article Metrics: