SHOPPING MALL DI PATI (VELODROME DAN AREA KOMERSIAL)

*Ristina Wijayanti -  jaft jaya
Received: 27 Jun 2014; Published: 1 Jul 2014.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Full Text:
Statistics: 18 254
Abstract

Berbelanja dan rekreasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh manusia.
Kota Pati merupakan kota yang pertumbuhan ekonomi dan perdagangannya saat ini mulai
berkembang, namun kebutuhan akan tempat perbelanjaan modern yang ada di Kota Pati sendiri
belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kota Pati, hal ini terlihat dari banyaknya
masyarakan yang memenuhi beberapa pusat perbelanjaan yang ada di kota Pati. Melihat fenomena
tersebut menarik minat salah satu investor untuk mendirikan sebuah tempat perbelanjaan modern
yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan dan berbelanja yaitu dengan mendirikan sebuah
shopping mall dengan konsep Arsitektur Modern.
Kajian diawali dengan mempelajari tentang pengertian shopping mall, tipe dan jenis shopping
mall, dan melakukan studi banding di beberapa shopping mall yang sesuai dengan standar mall
untuk didirikan dikota Pati, serta melakukan kajian tentang Kota Pati, perkembangan perekonomian
di tersebut, jalur perdagangan di kota tersebut. Konsep desain Arsitektur modern cocok diterapkan
pada shopping mall yang akan didirikan di kota Pati. Pemilihan tapak dilakukan pada lokasi-lokasi
yang merupakan lokasi jalur perdangan kota Pati, dan daribeberapa lokasi yang terpilih dilakukan
pembobotan untuk menentukan lokasi yang tepat untuk didirikan sebuah shopping mall.
Sebagai kesimpulan, luaran program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi
dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain.

Article Metrics: