RELOKASI DEALER DAN BENGKEL RESMI YAMAHA MATARAM SAKTI DI PURWODADI

*ariestian nugroho -  jaft jaya
Received: 27 Jun 2014; Published: 1 Jul 2014.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Full Text:
Statistics: 17 53
Abstract

Dealer dan Bengkel Resmi merupakan bagian dari perusahaan otomotif di Indonesia guna
menjamin kualitas produknya kepada konsumennya. Untuk pabrikan sepeda motor Yamaha di
Purwodadi termasuk yang digemari masyarakat karena menyajikan design sepeda motor yang selaras
dengan konsumen yang berjiwa muda yang membuat banyak menyukai produk dari Yamaha. Tag line
Yamaha yaitu “Semakin di Depan “ menjadi tujuan utama Yamaha dalam pelayanan produk dan
jasanya untuk para konsumen sehingga selalu diadakan inovasi. Dalam hal inovasi produk, memang
dapat diakui Yamaha memiliki design inovatif dan terkini namun berbandiing terbalik dengan unit
pelayanannya seperti dealer dan bengkel resmi Yamaha Mataram Sakti di Purwodadi yang masih
banyak kekurangan sehingga kurang menarik minat dari konsumen. Pada kenyataan dilapangan dealer
selalu dibangun diarea ruko sehingga banyak permasalahan yang terjadi yang tentunya akan
berdampak buruk untuk marketing Yamaha di bidang jasanya.
Kajian dimulai dengan mempelajari pengertian tentang Sepeda Motor , pengertian dan standar-
standar mengenai Dealer dan Bengkel Resmi Yamaha Mataram Sakti, serta studi banding beberapa
Dealer dan Bengkel Resmi yang telah ada. Dilakukan juga tinjauan mengenai Kota Purwodadi,
perkembangan dealer dan bengkel resmi Yamaha di kota tersebut, serta program-program pemerintah
yang mendukungnya. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan konsep hi-tech arsitektur
oleh arsitek Charles Jank dan David Colin. Selain itu dilakukan pendekatan fungsional, kinerja, teknis, dan
konstekstual. Pemilihan tapak dilakukan pada 2 alternatif lokasi dengan menggunakan matriks
pembobotan.
Sebagai kesimpulan, rencana program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan
3 dimensi sebagai ilustrasi desain.

Article Metrics: