skip to main content

Analisis Pengaruh Faktor Kognitif dan Faktor Afektif terhadap Usability Situs E-Commerce

*Putra Indra Prayogo  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Novie Susanto  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan fasilitas internet kini dapat dimanfaatkan untuk aktivitas berniaga (commerce) dengan membuat situs e-commerce. Situs e-commerce yang berfungsi sebagai tempat transaksi eletronik jual beli dari produsen ke konsumen harus mempunyai nilai usability yang baik sehingga memudahkan dalam penggunaannya. Perkembangan situs saat ini sudah dianggap tidak hanya berfokus kepada sisi kemudahan penggunaan (kognitif) akan tetapi diperlukan pengembangan terhadap sisi emosional (afektif) sehingga pengguna merasa tertarik menggunakan situs tersebut. Untuk itu dilakukan pengujian pengaruh faktor kognitif dan faktor afektif terhadap usability situs e-commerce dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini menggunakan model Prastawa yang terdiri dari 3 variabel yaitu usability, kognitif dan afektif. Hasil penelitian dengan menggunakan jumlah responden sebanyak 230 adalah faktor kognitif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap usability situs Lazada dan situs Zalora, faktor afektif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap usability situs Lazada dan situs Zalora serta faktor kognitif dan faktor afektif saling berhubungan secara signifikan pada situs Lazada dan situs Zalora.


                                                                                               

Abstract

The development of the internet facility now be used for the activity of trade (commerce) by makes e-commerce sites. E-commerce site serves an electronic transaction of sale and purchase from producers to consumers must have good usability value so ease of use. The development site is now considered not only focus on the ease of use (cognitive) but required a development of the emotional side (affective) so that users feel are interested in using these sites. For testing the influence of cognitive and affective factors on usability of e-commerce sites using Structural Equation Modeling. This study uses a model Prastawa, which consists of three variables, namely usability, cognitive and affective. The results using the number of respondents as many as 230 are cognitive factors have a significant influence on the usability of the site and the site Lazada Zalora, affective factors have no significant effect on the usability of the site and the site Lazada Zalora and factors cognitive and affective factors are interconnected significantly on the site Lazada and Zalora sites.

Fulltext View|Download
Keywords: e-commerce; usability; faktor kognitif; faktor afektif; structural equation modelling

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.