skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MAL SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA

*Ikhada Fatati  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Diana Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perubahan gaya hidup telah dialami oleh masyarakat Indonesia. Di era konsumerisme ini, masyarakat mulai meninggalkan pasar tradisional dan lebih memilih mal sebagai tempat berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih mal sebagai tempat berbelanja. Penelitian dilakukan kepada 100 konsumen mal di Kota Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan metode analisis faktor menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi pemilihan mal. Faktor-faktor tersebut adalah hiburan, kenyamanan, gaya hidup dan fasilitas. Faktor hiburan merupakan faktor yang paling mempengaruhi konsumen untuk berkunjung ke mal dengan persentase pengaruh sebesar 31,602%. Keempat faktor tersebut dapat menjelaskan alasan konsumen memilih mal sebagai tempat berbelanja sebesar 80,331%, sedangkan sisanya 19.669% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

.

 

 

Abstract

 

Lifestyle changes have been experienced by the people of Indonesia. In this era of consumerism, people preferred mall as their shopping destination rather than traditional market. The objective of this research was to find out the factors that affect consumers for choosing mall as their shopping destination. The data were obtained from 100 mall consumers in Semarang. The data were analyzed by factor analysis method in SPSS. Based on this research, it was found that four factors affected consumers in choosing mall as their shopping destination. Those factors were entertainment, comfort, lifestyle, and facilities. Entertainment is a factor that most affects consumers to visit mall with percentage of effect is 31.602%. Those factors could explain the reason consumers preferred mall as their shopping destination about 80,331% and about 19,669% were explained by other factors which is not included in this research. 

Fulltext View|Download
Keywords: keputusan konsumen; mal; analisis faktor

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.