skip to main content

UPAYA MINIMASI LIMBAH PADAT RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DOKTER KARIADI SEMARANG DENGAN PENERAPAN STRATEGI CLEANER PRODUCTION

*Yanti Martina Waruwu  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Haryo Santoso  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pengelolaan limbah padat medis maupun nonmedis RSUP Dokter Kariadi Semarang dilakukan dengan mengikuti langkah pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pembuangan, dan pemusnaha            n dengan metode end-of pipe treatment.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengelolaan limbah padat, efisiensi sistem pengelolaan limbah padat,  prosedur housekeeping, dan penerapan strategi cleaner production dalam upaya minimasi limbah padat rumah sakit. Metode penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam penerapan strategi Cleaner Production, terutama  dalam melakukan pencegahan dan pengurangan limbah rumah sakit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pengelolaan limbah padat terfokus pada pengelolaan limbah padat medis. Rata-rata kuantitas limbah padat medis yang dihasilkan adalah 536,5 kg/hari, sedangkan limbah padat nonmedis sebesar 1655,3 kg/hari. Efisiensi pengelolaan limbah padat dapat dilakukan pada tahap reduce sebesar 2,96%, reuse 5%, recycle daun kering 25%, dan recycle limbah kayu 10%. Prosedur housekeeping sudah baik. Strategi Strengths-Opportunities (SO) merupakan strategi terbaik dalam menerapkan Cleaner Production.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: cleaner production; limbah padat; rumah sakit

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.