skip to main content

FORMULASI STRATEGI BERSAING USEETV PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA

*Reynanda Agung Dwiprakoso  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Hery Suliantoro  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang dengan pesat dan semakin kompleks. Perusahaan yang tidak menghadirkan inovasi dan diferensiasi dari produknya akan tertinggal dari kompetitor di bidang yang sama. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom memperkenalkan layanan IPTV di Indonesia dengan produk bernama UseeTV. IPTV merupakan kombinasi dari penyiaran, telekomunikasi dan internet. Untuk menggunakan layanan IPTV ini, calon pelanggan harus berlanggan telepon PSTN serta speedy minimal 512Kbps. Keutamaan yang ditawarkan dari UseeTV adalah layanan konten streaming digital seperti film, video musik karaoke, TV on Demand, Live Streaming Radio dan Radio on Demand sebagai keunikan produk serta keunggulan yang membedakannya dari televisi berbayar lainnya. Dengan berkembangnya industri pertelevisian berbayar di Indonesiadiharapkan UseeTV dapat memperoleh pangsa pasar yang baik. Pada tahun 2013 UseeTV regional Jawa Tengah Bagian Utara tidak dapat memenuhi target penjualan dari manajemen, hal tersebut dapat disebabkan oleh kurang efektifnya strategi pemasaran yang diterapkan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi faktor internal dan eksternal UseeTV sehingga dapat bersaing di dalam pasar televisi berbayar. Analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Analisis lingkungan ekternal dan internal tersebut digabungkan dengan analisis SWOT, kemudian dilakukan penetapan prioritas strategi dari hasil analisis SWOT dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).

Dari hasil penelitian bahwa UseeTV  dapat melakukan strategi  pengembangan produk dan penetrasi pasar, hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas serat optik sehingga dapat menhasilkan kualitas gambar yang baik dan tahan berbagai cuaca, melakukan pemasaran di perumahan-perumahan yang ada di Semarang dan sekitarnya, serta lebih meningkatkan pemasaran melalui digital marketing.

 

Abstract

Currently technological development has grown rapidly and increasingly complex. Companies that don't bring innovation and differentiation of its products will be missed from the competitors in the same field. As Indonesia's largest telecommunication company, Telkom introducing IPTV service in Indonesia with a product called UseeTV. IPTV is a combination of broadcasting, telecommunications and the internet. To use IPTV service, prospective customers must subscribe to PSTN phones as well as speedy with minimum speed 512 Kbps. Virtue is offered from UseeTV is streaming digital content services such as movies, karaoke, TV on demand, Video on Demand, Live Streaming Radio and Radio on Demand as the uniqueness of the product and the excellence that sets it apart from other paid television. With the rise of paid television industry in Indonesia is expected to UseeTV can gain a good market share. In 2013 UseeTV northern part of the Central Java regional can not meet sales targets from management, it can be caused by a lack of effective marketing strategy is applied at this time. This research aims to formulate alternative business strategies that are in accordance with the conditions of the internal and external factors of UseeTV so that it can compete in the pay television market. Analysis of the external environment and internal environment referable to repairing major marketing strategy. Analysis of the external and internal environment combined with the SWOT analysis, then do the assignment of priority strategies of the SWOT with QSPM Matrix (Quantitative Strategic Planning Matrix).

The research that useetv can do development strategy products and market penetratio,  it can be done by improving the quality of the optical fiber so it can produce good quality images hold various weather, do marketing on residences in semarang and surrounding, and further improve marketing via digital marketing.

Fulltext View|Download
Keywords: Strategi Bisnis; SWOT; QSPM; Model MAUT

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.