BibTex Citation Data :
@article{IEOJ6345, author = {Oky Kurniawan and Naniek Handayani}, title = {EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL HEDPREF, EDUQUAL, SQM-HEI, DAN VALIDATING THE NATIONAL SURVEY OF STUDENT ENGANGEMENT (NSSE)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {3}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {Model Hedpref; EduQual; Sqm-Hei; Validating the National Survey of Student Engangement (NSSE); Dimensi Penelitian; Kualitas pelayanan.}, abstract = { Analisis sistem pembelajaran dilakukan dengan menggunakan performasi sistem kualitas pelayanan yang melibatkan responden (mahasiswa) Program Studi Teknik Industri UNDIP. Pengukuran performasi ini dilakukan berdasarkan 9 dimensi penelitian dari model Hedpref, EduQual, Sqm-Hei dan Validating the National Survey of Student Engangement (NSSE). Sembilan dari dimensi ini adalah aspek non-akademis, aspek akademis, pemahaman,pengembangan kepribadian ,lingkungan faktor studi, tindakan disiplin, Active and Collaborative Learning (ACL), Enriching Educational Experiences (EEE), Student-Faculty Interaction (SFI).Variabel penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 43 variabel. Pengukuran performasi kualitas pelayanan ini melibatkan partisipasi mahasiswa. Dalam pengukuran performasi yang telah dilakukan menyatakan variabel penelitian yang menjadi prioritas utama dalam desain perbaikan adalah ” staf non-akademik cepat tanggap dalam menangani setiap keluhan”, “perpustakaan menyediakan buku/jurnal/literartur lainnya yang lengkap dan up to date untuk menunjang perkuliahan”,“kehadiran dosen yang tepat waktu dalam perkulihan”, dan “kesiapan mahasiswa dalam menerima materi yang diberikan dosen pengampu”. ABSTRACT Analysis of the learning system done with using a system performance service quality that involves respondents (students) UNDIP Industrial Engineering Program. Measurement was carried out by 9 performance research dimension of models Hedpref, EduQual, Sqm-Hey and Validating the National Survey of Student engangement (NSSE). Nine of these dimensions is the non-academic aspects, academic aspects, understanding, personality development, environmental factors studies, disciplinary actions, Active and Collaborative Learning (ACL), Enriching Educational Experiences (EEE), Student-Faculty Interaction (SFI). Research variables used for this study were many as 43 variables. Perfor ma nce measurement of service quality involves student participation. In perform a nce measurement variables that have done research stating that a top priority in the design improvement is \"non-academic staff responsive in dealing with any complaints\", \"library provides books / journals /literartur more complete and up to date to support the lectures\", \"lecturer timely presence in stady \", and \"student readiness in receiving the material provided lecturers\". }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/6345} }
Refworks Citation Data :
Analisis sistem pembelajaran dilakukan dengan menggunakan performasi sistem kualitas pelayanan yang melibatkan responden (mahasiswa) Program Studi Teknik Industri UNDIP. Pengukuran performasi ini dilakukan berdasarkan 9 dimensi penelitian dari model Hedpref, EduQual, Sqm-Hei dan Validating the National Survey of Student Engangement (NSSE). Sembilan dari dimensi ini adalah aspek non-akademis, aspek akademis, pemahaman,pengembangan kepribadian ,lingkungan faktor studi, tindakan disiplin, Active and Collaborative Learning (ACL), Enriching Educational Experiences (EEE), Student-Faculty Interaction (SFI).Variabel penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 43 variabel. Pengukuran performasi kualitas pelayanan ini melibatkan partisipasi mahasiswa. Dalam pengukuran performasi yang telah dilakukan menyatakan variabel penelitian yang menjadi prioritas utama dalam desain perbaikan adalah ” staf non-akademik cepat tanggap dalam menangani setiap keluhan”, “perpustakaan menyediakan buku/jurnal/literartur lainnya yang lengkap dan up to date untuk menunjang perkuliahan”,“kehadiran dosen yang tepat waktu dalam perkulihan”, dan “kesiapan mahasiswa dalam menerima materi yang diberikan dosen pengampu”.
ABSTRACT
Analysis of the learning system done with using a system performance service quality that involves respondents (students) UNDIP Industrial Engineering Program. Measurement was carried out by 9 performance research dimension of models Hedpref, EduQual, Sqm-Hey and Validating the National Survey of Student engangement (NSSE). Nine of these dimensions is the non-academic aspects, academic aspects, understanding, personality development, environmental factors studies, disciplinary actions, Active and Collaborative Learning (ACL), Enriching Educational Experiences (EEE), Student-Faculty Interaction (SFI). Research variables used for this study were many as 43 variables. Performance measurement of service quality involves student participation. In performance measurement variables that have done research stating that a top priority in the design improvement is "non-academic staff responsive in dealing with any complaints", "library provides books / journals /literartur more complete and up to date to support the lectures", "lecturer timely presence in stady", and "student readiness in receiving the material provided lecturers".
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com