skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE SIMPANG LIMA SEMARANG

*Uswatun Hasanah  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Diana Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT. Matahari Department Store merupakan salah satu retail terbesar di Semarang yang pusatnya berada di Simpang Lima. Dalam mengukur loyalitas pelanggan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor kualitas pelayanan, faktor kepuasan pelanggan serta loyalty program. Salah satu faktor loyalitas pelanggan yang pertama adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi loyalitas pelanggan. Apabila kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan dapat membuat pelanggan puas maka pelanggan akan setia dan loyal terhadap PT. Matahari Department Store. PT. Matahari Department Store menerapkan kebijakan baru yaitu pelanggan kartu MCC diharuskan membayar untuk memperpanjang kartu dan bagi pelanggan yang ingin berlangganan kartu MCC juga diharuskan membayar, sehingga karena kebijakan baru itulah pelanggan pengguna kartu MCC menurun dan adanya keluhan pelanggan mengenai kebijakan baru tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan sampel penelitian berjumlah 200 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling serta analisis uji goodness of fit statistic. Hasil penelitian mendapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan dan loyalty program dengan nilai estimates sebesar 0,41. Variabel kepuasan pelanggan juga dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan dan loyalty program, namun variabel yang paling mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan adalah variabel kualitas layanan dengan nilai estimates sebesar 0,81.

 

 

ABSTRACT

PT. Matahari Department Store is one of the largest retail center located in Semarang Simpang Lima. In measuring customer loyalty, there are several factors, namely factors of service quality, customer satisfaction and loyalty factors program. One of the first customer loyalty factor is the quality of service. Quality of service is one of the factors that most affect customer satisfaction and customer satisfaction is one of the most influential factors for customer loyalty. If the quality of services provided by the company can make customers satisfied and loyal customers are loyal to the PT. Matahari Department Store. PT. Matahari Department Store implementing a new policy that MCC card customers are required to pay to extend the card and for customers who want to subscribe to the MCC card is also required to pay, so as a new policy that decreases the MCC card user customers and any customer complaints about the new policy.

This study uses Structural Equation Modeling with a sample of 200 people. The analytical method used was analysis of Structural Equation Modeling and analysis of statistical goodness of fit test. The results of the study found that the factors that most affect customer loyalty is customer satisfaction and loyalty programs with value estimates of 0.41. Variable customer satisfaction is also influenced by the variable quality of service and loyalty programs, but the variables that most affect customer satisfaction variable is the variable quality of service with value estimates of 0.81.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Layanan; Loyalty Program; Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.