skip to main content

ANALISIS PERBAIKAN KETERLAMBATAN MOBIL TANGKI DALAM PENGIRIMAN PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT PERTAMINA PATRA NIAGA INTEGRATED TERMINAL JAKARTA FUEL TERMINAL PLUMPANG

*Danurdara Bilawa Putra  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, , Indonesia
Purnawan Adi Wicaksono  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak .

Selama keberjalanan distribusi pengiriman produk, PT Pertamina Patra Niaga sering kali mengalami keterlambatan pengiriman ke pihak retailer ataupun konsumen. Hal ini dapat berdampak buruk dalam keberjalanan bisnis perusahaan. Dampak buruk yang didapatkan perusahaan adalah menurunya kepuasan pelanggan terhadap kinerja perusahaan, meningkatkanya biaya simpan dan biaya transportasi. Maka dari itu diperlukannya analisa keterlambatan pengiriman produk pada PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Plumpang dengan tujuan dapat mengurangi biaya yang tidak diperlukan. Salah satu metode perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan dalam suatu perusahaan adalah dengan metode Six sigma. Metode Six sigma adalah suatu metode pendekatan melalui data dan suatu metodologi untuk mengurangi kesalahan (defect) dalam segala proses pelayanan perusahaan. Metode Six sigma dapat digunakan dengan konsep DMAIC. DMAIC merupakan suatu proses yang berfokus pada peningkatan kualitas agar mencapai target dari Six sigma. DMAIC berisi tahap Define, tahap Measure, tahap Analyze, tahap Improve, dan tahap Control. Tujuan dari DMAIC adalah untuk memetakan proses, masalah, peluang sehingga perlu diperbaiki tiap langkahnya. Maka dengan metode Six sigma ini dapat mengidentifikasi jenis keterlambatan pengiriman dan penyebab terjadinya keterlambatan pengiriman sehingga dapat merancang strategi perbaikan dan peningkatan pelayanan untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan pengiriman kepada konsumen.

Kata kunci : DMAIC; six sigma; fishbone; FMEA.

Abstract

During the course of product distribution, PT Pertamina Patra Niaga frequently experiences delays in deliveries to retailers or consumers. This can negatively impact the company's business operations. The adverse effects include decreased customer satisfaction with the company's performance, increased storage costs, and higher transportation expenses. Therefore, it is necessary to analyze the delivery delays at PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Plumpang with the aim of reducing unnecessary costs. One method for improving and enhancing service quality within a company is the Six Sigma method. Six Sigma is a data driven approach and methodology for reducing defects in any business process. The Six Sigma method can be applied using the DMAIC concept. DMAIC is a process that focuses on quality improvement to achieve Six Sigma targets. DMAIC consists of the following stages: Define, Measure, Analyze, Improve, and Control. The goal of DMAIC is to map out processes, identify problems and opportunities, and improve each step. By using the Six Sigma method, it is possible to identify types of delivery delays and their causes, allowing for the design of improvement strategies and service enhancements to minimize delivery delays to consumers..

Keywords : DMAIC; six sigma; fishbone; FMEA

Fulltext View|Download
Keywords: DMAIC; six sigma; fishbone; FMEA

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.