skip to main content

PERANCANGAN STRATEGI BISNIS UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PERUSAHAAN SUSU PASTEURISASI MENGGUNAKAN METODE INTERNAL-EXTERNAL ANALYSIS DAN QSPM

*Dori Susadi Wahmil  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Susatyo Nugroho Widyo Pramono  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
M. Mujiya Ulkhaq  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Perkembangan dunia bisnis saat ini berlangsung cepat dan membuat pelaku usaha yang terlibat
didalamnya harus bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Untuk meningkatkan
keunggulan kompetitif perusahaan, perlu dilakukan perancangan strategi bisnis. Strategi bisnis perlu
dikembangkan agar perusahaan dapat memperoleh posisi pasar terbaik, meningkatkan kinerja penjualan,
dan rumusan pendekatan untuk mencapai keunggulan bersaing. CV Cita Nasional merupakan perusahaan
yang bergerak dibidang produksi susu pasteurisasi. CV Cita Nasional mengalami permasalahan strategi
bisnis berupa penurunan omzet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dengan metode
Value Chain Analysis (VCA) dan faktor eksternal dengan metode Pestel Analysis, kemudian merumuskan
strategi bisnis dengan metode SWOT Analysis, dan menetapkan prioritas strategi dengan metode QSPM.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis faktor
internal dengan metode VCA didapatkan total faktor internal sebanyak 29 kekuatan dan 7 kekuatan.
Sementara analisis faktor eksternal perusahaan dengan metode PESTEL didapatkan 11 peluang dan 8
ancaman. Responden penelitian ini ditujukan kepapda stakeholder perusahaan. Perumusan strategi dengan
SWOT matrix didapatkan total 7 alternatif strategi diantaranya 2 strategu SO, 2 strategu WO, 2 strategi
ST, dan 1 strategI WT. Pemilihan prioritas strategi dengan metode QSPM didapatkan nilai TAS tertinggi
pada strategi 1 yaitu menjaga kestabilan harga produk yang ada sekarang dan meningkatkan kualitas
produk dengan nilai TAS sebesar 5,979.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis Internal Eksternal, VCA, Pestel, SWOT, QSPM

Abstract

The development of the business world is currently taking place rapidly and makes the business actors
involved in it have to work hard to maintain a competitive advantage. To increase the company's
competitive advantage, it is necessary to design a business strategy. Business strategies need to be
developed so that companies can obtain the best market position, improve sales performance, and formulate
approaches to achieve competitive advantage. CV Cita Nasional is a company engaged in the production
of pasteurized milk. CV Cita Nasional is experiencing business strategy problems in the form of a decrease
in turnover. This research aims to analyze internal factors using the Value Chain Analysis (VCA) method
and external factors using the Pestel Analysis method, then formulate business strategies using the SWOT
Analysis method, and determine strategy priorities using the QSPM method. Data collection in this study
used interviews and questionnaires. Internal factor analysis using the VCA method obtained a total of 29
internal factors and 7 strengths. While analyzing the company's external factors with the PESTEL method,
11 opportunities and 8 threats were obtained. Respondents of this research are addressed to company
stakeholders. Strategy formulation with SWOT matrix obtained a total of 7 alternative strategies including
2 SO strategies, 2 WO strategies, 2 ST strategies, and 1 WT strategy. Selection of strategy priorities with
the QSPM method obtained the highest TAS value in strategy 1, namely maintaining the stability of current
product prices and improving product quality with a TAS value of 5.979.
Keywords: Business Strategy, Internal External Analysis, VCA, Pestel, SWOT, QSPM

Fulltext View|Download
Keywords: Business Strategy, Internal External Analysis, VCA, Pestel, SWOT, QSPM

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.