BibTex Citation Data :
@article{IEOJ47265, author = {Dori Susadi Wahmil and Susatyo Nugroho Widyo Pramono and M. Mujiya Ulkhaq}, title = {PERANCANGAN STRATEGI BISNIS UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PERUSAHAAN SUSU PASTEURISASI MENGGUNAKAN METODE INTERNAL-EXTERNAL ANALYSIS DAN QSPM}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {13}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {Business Strategy, Internal External Analysis, VCA, Pestel, SWOT, QSPM}, abstract = { Abstrak Perkembangan dunia bisnis saat ini berlangsung cepat dan membuat pelaku usaha yang terlibat didalamnya harus bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan, perlu dilakukan perancangan strategi bisnis. Strategi bisnis perlu dikembangkan agar perusahaan dapat memperoleh posisi pasar terbaik, meningkatkan kinerja penjualan, dan rumusan pendekatan untuk mencapai keunggulan bersaing. CV Cita Nasional merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi susu pasteurisasi. CV Cita Nasional mengalami permasalahan strategi bisnis berupa penurunan omzet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dengan metode Value Chain Analysis (VCA) dan faktor eksternal dengan metode Pestel Analysis, kemudian merumuskan strategi bisnis dengan metode SWOT Analysis, dan menetapkan prioritas strategi dengan metode QSPM. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis faktor internal dengan metode VCA didapatkan total faktor internal sebanyak 29 kekuatan dan 7 kekuatan. Sementara analisis faktor eksternal perusahaan dengan metode PESTEL didapatkan 11 peluang dan 8 ancaman. Responden penelitian ini ditujukan kepapda stakeholder perusahaan. Perumusan strategi dengan SWOT matrix didapatkan total 7 alternatif strategi diantaranya 2 strategu SO, 2 strategu WO, 2 strategi ST, dan 1 strategI WT. Pemilihan prioritas strategi dengan metode QSPM didapatkan nilai TAS tertinggi pada strategi 1 yaitu menjaga kestabilan harga produk yang ada sekarang dan meningkatkan kualitas produk dengan nilai TAS sebesar 5,979. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis Internal Eksternal, VCA, Pestel, SWOT, QSPM Abstract The development of the business world is currently taking place rapidly and makes the business actors involved in it have to work hard to maintain a competitive advantage. To increase the company's competitive advantage, it is necessary to design a business strategy. Business strategies need to be developed so that companies can obtain the best market position, improve sales performance, and formulate approaches to achieve competitive advantage. CV Cita Nasional is a company engaged in the production of pasteurized milk. CV Cita Nasional is experiencing business strategy problems in the form of a decrease in turnover. This research aims to analyze internal factors using the Value Chain Analysis (VCA) method and external factors using the Pestel Analysis method, then formulate business strategies using the SWOT Analysis method, and determine strategy priorities using the QSPM method. Data collection in this study used interviews and questionnaires. Internal factor analysis using the VCA method obtained a total of 29 internal factors and 7 strengths. While analyzing the company's external factors with the PESTEL method, 11 opportunities and 8 threats were obtained. Respondents of this research are addressed to company stakeholders. Strategy formulation with SWOT matrix obtained a total of 7 alternative strategies including 2 SO strategies, 2 WO strategies, 2 ST strategies, and 1 WT strategy. Selection of strategy priorities with the QSPM method obtained the highest TAS value in strategy 1, namely maintaining the stability of current product prices and improving product quality with a TAS value of 5.979. Keywords: Business Strategy, Internal External Analysis, VCA, Pestel, SWOT, QSPM }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/47265} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Perkembangan dunia bisnis saat ini berlangsung cepat dan membuat pelaku usaha yang terlibatdidalamnya harus bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Untuk meningkatkankeunggulan kompetitif perusahaan, perlu dilakukan perancangan strategi bisnis. Strategi bisnis perludikembangkan agar perusahaan dapat memperoleh posisi pasar terbaik, meningkatkan kinerja penjualan,dan rumusan pendekatan untuk mencapai keunggulan bersaing. CV Cita Nasional merupakan perusahaanyang bergerak dibidang produksi susu pasteurisasi. CV Cita Nasional mengalami permasalahan strategibisnis berupa penurunan omzet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dengan metodeValue Chain Analysis (VCA) dan faktor eksternal dengan metode Pestel Analysis, kemudian merumuskanstrategi bisnis dengan metode SWOT Analysis, dan menetapkan prioritas strategi dengan metode QSPM.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis faktorinternal dengan metode VCA didapatkan total faktor internal sebanyak 29 kekuatan dan 7 kekuatan.Sementara analisis faktor eksternal perusahaan dengan metode PESTEL didapatkan 11 peluang dan 8ancaman. Responden penelitian ini ditujukan kepapda stakeholder perusahaan. Perumusan strategi denganSWOT matrix didapatkan total 7 alternatif strategi diantaranya 2 strategu SO, 2 strategu WO, 2 strategiST, dan 1 strategI WT. Pemilihan prioritas strategi dengan metode QSPM didapatkan nilai TAS tertinggipada strategi 1 yaitu menjaga kestabilan harga produk yang ada sekarang dan meningkatkan kualitasproduk dengan nilai TAS sebesar 5,979.Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis Internal Eksternal, VCA, Pestel, SWOT, QSPM Abstract The development of the business world is currently taking place rapidly and makes the business actorsinvolved in it have to work hard to maintain a competitive advantage. To increase the company'scompetitive advantage, it is necessary to design a business strategy. Business strategies need to bedeveloped so that companies can obtain the best market position, improve sales performance, and formulateapproaches to achieve competitive advantage. CV Cita Nasional is a company engaged in the productionof pasteurized milk. CV Cita Nasional is experiencing business strategy problems in the form of a decreasein turnover. This research aims to analyze internal factors using the Value Chain Analysis (VCA) methodand external factors using the Pestel Analysis method, then formulate business strategies using the SWOTAnalysis method, and determine strategy priorities using the QSPM method. Data collection in this studyused interviews and questionnaires. Internal factor analysis using the VCA method obtained a total of 29internal factors and 7 strengths. While analyzing the company's external factors with the PESTEL method,11 opportunities and 8 threats were obtained. Respondents of this research are addressed to companystakeholders. Strategy formulation with SWOT matrix obtained a total of 7 alternative strategies including2 SO strategies, 2 WO strategies, 2 ST strategies, and 1 WT strategy. Selection of strategy priorities withthe QSPM method obtained the highest TAS value in strategy 1, namely maintaining the stability of currentproduct prices and improving product quality with a TAS value of 5.979.Keywords: Business Strategy, Internal External Analysis, VCA, Pestel, SWOT, QSPM
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com