BibTex Citation Data :
@article{IEOJ37449, author = {Ilham Akbar Ferdianto and Heru Prastawa}, title = {IDENTIFIKASI KERUSAKAN KOMPONEN KENDARAAN RODA EMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS PADA PT. XYZ}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {12}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {Traffic Accident, Frequency’s distribution, FMEA, Functional Bloc Diagram}, abstract = { Abstrak Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan yang cukup serius dimana berdasarkan dari data WHO mengatakan bahwa setiap detiknya terdapat manusia yang meninggal akibat kecelakaan lalulintas. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya data dari Kementerian Perhubungan Indonesia yang mengatakan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia termasuk tinggi.Peningkatan kasus kecelakaan terjadi pada tahun 2020 yang tadinya dari 100.028 perkara menjadi 103.645 perkara. Penyebab terjadinya kecelakaan ada 3 yang tertinggi, yaitu sekitar 61 % kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia, 30 % disebabkan oleh faktor lingkungan, dan 9 % karena faktor kemampuan serta karakter pengemudi. Menanggapi permasalahan tingginya kasus kecelakaan, teknologi otomotif modern saat ini menghadirkan fitur keselamatan yang saat ini komponen utama dan penting dari mobil Selain itu, perawatan mobil secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalulintas. Penelitian ini memiliki berbagai tujuan mulai dari mengidentifikasi kerusakan komponen pada kendaraan roda empat dengan menggunakan metode FMEA, mengidentifikasi perbedaan kerusakan komponen pada PT. XYZ yang berada di Kota Semarang dan Kabupaten Pati, mengidentifikasi akar penyebab terjadinya kerusakan components pada mobil di Kota Semarang dan Kabupaten Pati berdasarkan karakter demografi, mengidentifikasi risiko dan bahaya yang dapat terjadi jika tidak segera melakukan perbaikan components tersebut. Penelitian ini dilakukan padaPT. XYZ yang berkawasan di Semarang Barat, Kota Semarang. Di tempat tersebut, dilakukan identifikasi resiko dan bahaya pada suatu komponen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Efek Kegagalan Mode (FMEA). Kata kunci: Kecelakaan lalu lintas, Distribusi Frekuensi, FMEA, Diagram Blok Fungsional Abstract Traffic accident is a serious problematic, proven by a statement from WHO that said at least one person per second who died because of traffic accident. Ministry of Transportation in Indonesia stated that Indonesia is also cathegorized as one of the higest traffic accident rate in the world. Based on the data from Statistic Organization in Indonesia (BPS), the elevating case in 2020 is pretty significant (from 100.028 cases into 103.645 cases).Top 3 causes of Traffic accident is 61 % of human factors, 30 % of environtment factors, and 9 % of driver skills. In order to response, automotive industry start to create a technology which focusing on passenger’s safety. Besides, a periodical service is also required to identify some enginee’s trouble. The aim of this research is to make an identification of broken components in PT. XYZ that located in Semarang and Pati, analyze the root cause of the damaging components, and elaborate the risk and hazardous for not doing an early service toward the broken components. This research is hold in PT. XYZ in Semarang and Pati using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) methods. Keywords: Traffic Accident, Frequency’s distribution, FMEA, Functional Bloc Diagram }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/37449} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan yang cukup serius dimana berdasarkan dari data WHO mengatakan bahwa setiap detiknya terdapat manusia yang meninggal akibat kecelakaan lalulintas. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya data dari Kementerian Perhubungan Indonesia yang mengatakan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia termasuk tinggi.Peningkatan kasus kecelakaan terjadi pada tahun 2020 yang tadinya dari 100.028 perkara menjadi 103.645 perkara. Penyebab terjadinya kecelakaan ada 3 yang tertinggi, yaitu sekitar 61 % kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia, 30 % disebabkan oleh faktor lingkungan, dan 9 % karena faktor kemampuan serta karakter pengemudi. Menanggapi permasalahan tingginya kasus kecelakaan, teknologi otomotif modern saat ini menghadirkan fitur keselamatan yang saat ini komponen utama dan penting dari mobil Selain itu, perawatan mobil secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalulintas. Penelitian ini memiliki berbagai tujuan mulai dari mengidentifikasi kerusakan komponen pada kendaraan roda empat dengan menggunakan metode FMEA, mengidentifikasi perbedaan kerusakan komponen pada PT. XYZ yang berada di Kota Semarang dan Kabupaten Pati, mengidentifikasi akar penyebab terjadinya kerusakan components pada mobil di Kota Semarang dan Kabupaten Pati berdasarkan karakter demografi, mengidentifikasi risiko dan bahaya yang dapat terjadi jika tidak segera melakukan perbaikan components tersebut. Penelitian ini dilakukan padaPT. XYZ yang berkawasan di Semarang Barat, Kota Semarang. Di tempat tersebut, dilakukan identifikasi resiko dan bahaya pada suatu komponen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Efek Kegagalan Mode (FMEA).
Kata kunci: Kecelakaan lalu lintas, Distribusi Frekuensi, FMEA, Diagram Blok Fungsional
Abstract
Traffic accident is a serious problematic, proven by a statement from WHO that said at least one person per second who died because of traffic accident. Ministry of Transportation in Indonesia stated that Indonesia is also cathegorized as one of the higest traffic accident rate in the world. Based on the data from Statistic Organization in Indonesia (BPS), the elevating case in 2020 is pretty significant (from 100.028 cases into 103.645 cases).Top 3 causes of Traffic accident is 61 % of human factors, 30 % of environtment factors, and 9 % of driver skills. In order to response, automotive industry start to create a technology which focusing on passenger’s safety. Besides, a periodical service is also required to identify some enginee’s trouble. The aim of this research is to make an identification of broken components in PT. XYZ that located in Semarang and Pati, analyze the root cause of the damaging components, and elaborate the risk and hazardous for not doing an early service toward the broken components. This research is hold in PT. XYZ in Semarang and Pati using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) methods.
Keywords: Traffic Accident, Frequency’s distribution, FMEA, Functional Bloc Diagram
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com