skip to main content

KLASIFIKASI KEY PERFORMANCE INDICATORKE DALAM HUMAN RESOURCES SCORECARD (STUDI KASUS BIDANG SDM PT PLN (PERSERO) UIP KALBAGTIM)

*Yussy Aulia  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ratna Purwaningsih  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
AbstrakKualitas sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat mempengaruhi kualitas dan kelangsungan bisnis perusahaan. Sumber dayatersebutterdiri dari sumber daya alam, sumber daya finansial, sumber daya ilmu pengetahun, sumber daya teknologi, dan sumber daya manusia. Dari beberapa sumber daya tersebut, sumber daya manusia adalah sumber daya terpenting karena digunakan untuk menggerakkan dan menyinergikan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, kualitas SDM diperbaiki secara berkelanjutan dengan melakukan sistem pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya denganpendekatan Human Resources Scorecard dimana visi dan misi perusahaan dijabarkan menjadi Key Performance Indicator (KPI) yang dapat diukur.KPI tersebut akan dibentuk ke dalam Human Resource Scorecard yang terdiri dari empat perspektif, yaitu financial, customer, internal business process, dan learning & growth.Penelitian ini dimulai dengan melakukan pengumpulan data dibidang Pengembangan SDM PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim. Dari penelitian didapatkan 28 KPI dengan skor terbobot masing-masing. Hasil penelitian dari penggunan metode ini akan memberikan usulan aplikatif terhadap kinerja karyawan kedepannya.Kata kunci: AbstractThe quality of resources owned by a company can affect the quality and sustainability of the company's business. These resources consist of natural resources, financial resources, scientific knowledge resources, technological resources, and human resources. From some of these resources, human resources are the most important resource because it is used to mobilize and synergize other resources to achieve organizational goals. Therefore, the quality of human resources is continually improved by implementing a performance measurement system. Performance measurement can be done with various methods, one of which is the Human Resources Scorecard approach where the company's vision and mission are translated into measurable Key Performance Indicators (KPIs). The KPI will be formed into the Human Resource Scorecard consisting of four perspectives, namely financial, customer, internal business process, and learning & growth. This research began with data collection in the field of HR Development of PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim. From the research, 28 KPIs were scored with each weighted score.The research results from the use of this method will provide applicative proposals for future employee performance.
Fulltext View|Download
Keywords: sumber daya manusia,pengukuran kinerja,HRSC,KPI

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.