skip to main content

OPTIMALISASI RUTE DISTRIBUSI PRODUK PORTLAND COMPOSITE CEMENT(PCC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIXUNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI(Studi Kasus: PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Plant Cirebon)

*Nabila Aisya M  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Aries Susanty  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
AbstrakPTIndocement Tunggal Prakarsa, Tbk. merupakan salah satu perusahaan produsen semen terbesar di Indonesia. Semen tersebut didistribusikan kepada distributor maupun retailer di beberapa wilayah di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Pulau Bali. Saat ini sebagian besar proses distribusi dilakukan dengan menggunakan truk yang dikelola oleh berbagai mitra yang bekerja sama dengan PT Indocement. Dalam beberapa waktu terakhir, pihak Departemen Deliveryseringkali mendapatkan komplain dari mitra angkutan hingga 50% yang disebabkan oleh truk yang menganggur. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak terdapatnya jalur distrbusi yang tepat, karena pengalokasian angkutan hanya berdasarkan ketersediaan truk. Jalur distribusi sangat mempengaruhi biaya operasional perusahaan dan efisiensi waktu. Dalam penelitian ini, optimalisasi rute distribusi diselesaikan dengan menggunakan Metode Saving Matrix dengan pendekatan Nearest Neighbour dan Nearest Insert. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Metode Saving Matrixdidapatkan 4 rute optimal yang harus dilalui Angkutan Anggada Perkasa PT (A). dengan jarak tempuh 540,8 km, 410,8 km, 521 km, 416 km dan biaya operasional sebesar Rp 2.889.293,33. Sedangkan jumlah truk yang dibutuhkan oleh Angkutan Anggada Perkasa, PT (A)untuk memenuhi seluruh demandyaitu 15 angkutan bermuatan 48 ton, 2 angkutan bermuatan 32 ton dan 1 angkutan bermuatan 30 ton.Kata kunci:Abstract[Title: Optimalization of Portland Composite Cement (PCC) using Saving Matrix Method to Minimize Transportation Cost; Case Study: PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Plant Cirebon]PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. is one of the largest cement producers in Indonesia. The cement is distributed to distributors and retailers in several regions in Central Java, West Java, East Java and Bali. At present most of the distribution process is carried out using trucks managed by various partners who work together with PT Indocement. In recent times, the Delivery Department often received complaints from transport partners of up to 50% caused by idle trucks. This happens because there is no proper distribution channel, because transportation allocation is only based on the availability of trucks. Distribution channels greatly affect the company's operating costs and time efficiency. In this study, optimization of distribution routes was completed using the Saving Matrix Method with Nearest Neighbor and Nearest Insert approaches. Based on the calculation using the Saving Matrix Method, there are 4 optimal routes that must be passed by Anggada Perkasa Transport PT (A) with a distance of 540.8 km, 410.8 km, 521 km, 416 km and an operational cost of Rp 2,889,293.33. While the number of trucks needed by Angkada Anggada Perkasa, PT (A) to meet all demands is 15 transports with 48 tons load, 2 transports with 32 tons load and 1 transport with 30 tons load
Fulltext View|Download
Keywords: Distribusi; Saving Matrix; Rute Optimal; Biaya Transportasi; Jumlah Angkutan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.