BibTex Citation Data :
@article{IEOJ32989, author = {Nabila M and Aries Susanty}, title = {OPTIMALISASI RUTE DISTRIBUSI PRODUK PORTLAND COMPOSITE CEMENT(PCC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIXUNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI(Studi Kasus: PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Plant Cirebon)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {9}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {Distribusi; Saving Matrix; Rute Optimal; Biaya Transportasi; Jumlah Angkutan}, abstract = { Abstrak PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. merupakan salah satu perusahaan produsen semen terbesar di Indonesia. Semen tersebut didistribusikan kepada distributor maupun retailer di beberapa wilayah di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Pulau Bali. Saat ini sebagian besar proses distribusi dilakukan dengan menggunakan truk yang dikelola oleh berbagai mitra yang bekerja sama dengan PT Indocement. Dalam beberapa waktu terakhir, pihak Departemen Delivery seringkali mendapatkan komplain dari mitra angkut an hingga 50% yang disebabkan oleh truk yang menganggur. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak terdapatnya jalur distrbusi yang tepat, karena pengalokasian angkutan hanya berdasarkan ketersediaan truk. Jalur distribusi sangat mempengaruhi biaya operasiona l perusahaan dan efisiensi waktu. Dalam penelitian ini, optimalisasi rute distribusi diselesaikan dengan menggunakan Metode Saving Matrix dengan pendekatan Nearest Neighbou r dan Nearest Insert . Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Metode Saving Matrix didapatkan 4 rute optimal yang harus dilalui Angkutan Anggada Perkasa PT (A). dengan jarak tempuh 540,8 km, 410,8 km, 521 km, 416 km dan biaya operasional sebesar Rp 2.889.293,33. Sedangkan jumlah truk yang dibutuhkan oleh Angkutan Anggada Perkasa, PT (A) untuk memenuhi seluruh demand yaitu 15 angkutan bermuatan 48 ton, 2 angkutan bermuatan 32 ton dan 1 angkutan bermuatan 30 ton. Kata kunci: Abstract [Title: Optimalization of Portland Composite Cement (PCC) using Saving Matrix Method to Minimize Transportation Cost; Case Study: PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., Plant Cirebon ] PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. is one of the largest cement producers in In donesia. The cement is distributed to distributors and retailers in several regions in Central Java, West Java, East Java and Bali. At present most of the distribution process is carried out using trucks managed by various partners who work together with P T Indocement. In recent times, the Delivery Department often received complaints from transport partners of up to 50% caused by idle trucks. This happens because there is no proper distribution channel, because transportation allocation is only based on th e availability of trucks. Distribution channels greatly affect the company's operating costs and time efficiency. In this study, optimization of distribution routes was completed using the Saving Matrix Method with Nearest Neighbor and Nearest Insert appro aches. Based on the calculation using the Saving Matrix Method, there are 4 optimal routes that must be passed by Anggada Perkasa Transport PT (A) with a distance of 540.8 km, 410.8 km, 521 km, 416 km and an operational cost of Rp 2,889,293.33. While the n umber of trucks needed by Angkada Anggada Perkasa, PT (A) to meet all demands is 15 transports with 48 tons load, 2 transports with 32 tons load and 1 transport with 30 tons load }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/32989} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com