BibTex Citation Data :
@article{IEOJ33040, author = {Wina Oktavia and Manik Mahachandra}, title = {PENGARUHPERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA DISTRAKSI DAN PERILAKU MENGEMUDI DI INDONESIA}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {9}, number = {3}, year = {2022}, keywords = {Distraksi Pengemudi, Perilaku Pengemudi, Kelompok Usia, Self-reported method}, abstract = { Abstrak Faktor manusia memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas seperti perilaku mengemudi dan distraksi pengemudi . Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa pengemudi yang terdistraksi dari tugas utama mengemudi menjadi penyebab berkurangnya fokus pengemudi dan dapat mengakibatkan terjadiny a penyimpangan perilaku selama berkendara. Penelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui distraksi pengemudi Indonesia dan dampaknya pada perilaku mengemudi yang diukur menggunakan SDDQ (Susceptibility to Driver Distraction Questionnaire) dan DBQ (Driver Behav ior Questionnaire) . Sebanyak 3 32 responden terlibat dalam penelitian dan akan dibedakan berdasarkan 3 kelompok usia usia (17 - 24 tahun; 25 - 44 tahun; 45 - 64 tahun ) dan jenis kelamin. Akan dilihat perbedaan distraksi pengemudi terhadap perilaku pengemudi berda sarkan usia dan jenis kelamin , serta bagaimana pengaruh dari distraksi pengemudi terhadap perilaku menyimpang selama berkendara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kelompok usia dan jenis kelamin mempengaruhi keterlibatan pengemudi dalam d istraksi dan perilaku mengemudi. Hasil juga menunjukkan bahwa pengemudi yang sering terlibat dalam distraksi cenderu ng memiliki perilaku mengemudi yang be rbahaya . Kata kunci : Abstra ct [ The E ffect of G ender Differences on D istraction and D riving B ehavior in Indonesia ] Human factors have a significant role in the increasing incidence of traffic accidents and infractions such as driving behavior and driver attention. . Latest studies have shown that engaging with distraction while driving will positively affect the driver’s attention and could lead to aberrant driving behavior. This study aims to explore the Indonesian driver distraction and its effect on their driving behavior which is measured using SDDQ (Susceptibility to Driver Distraction Questionnaire) and DBQ (Driver Behavior Questionnaire). A total of 332 participants which involved in this study will be divided into three different age g roups (17 - 24 years old; 25 - 44 years old; and 45 - 64 years old) and their gender. The impact of driver distraction on driver behavior will be examined based on age and gender, along with the driver distraction effect on their risky behavior . The result shows that the drivers' attention and behavior were influenced by their age and gender. This research also discovered that drivers who are regularly distracted while driving are more likely to engage in unsafe driving behavior. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/33040} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com