BibTex Citation Data :
@article{IEOJ24269, author = {Farandy Darmawan and Nia Puspitasari}, title = {Analisis Pengaruh Persepsi Resiko dan Persepsi pada Driving Task terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {8}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {persepsi risiko; driving task; Partial Least Square}, abstract = { Judul penelitian ini adalah analisis pengaruh persepsi risiko dan persepsi pada driving task terhadap perilaku keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko dan persepsi pada driving task terhadap perilaku keselamatan berkendara yang meliputi peraturan lalu lintas, perilaku agresif, kegiatan non-mengemudi, driving responsibility , dan carelessness . Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuisioner tertutup dengan skala likert 1-5. Total responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang pengemudi bus Perum Damri Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling dengan pendekatan Partial Least Square dan diolah dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara persepsi risiko dan persepsi pada driving task tidak signifikan, persepsi resiko memiliki pengaruh terhadap perilaku keselamatan berkendara secara signifikan, dan persepsi pada driving task tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keselamatan berkendara. Abstract The title of this research is analysis effect of drivers’ risk perception and perception of driving tasks on driving safety behavior. This study aims to examine the effect of risk perceptions and perceptions of driving task on driving safety behavior encompassing traffic rules, aggressive behavior, non-driving activities, driving responsibility, and carelessness. This research used primary data collected through closed questionaire using likert scale of 1-5. Total sample size were 16 people consisted of Perum Damri Semarang City bus drivers'. This research was conducted using Structural Equation Modelling with Partial Least Square approach through SmartPLS. Results show that the correlation between risk perceptions and perceptions on driving tasks was not significant, risk perceptions significantly affect on driving safety behavior, and perceptions of driving tasks were not significantly affect on driving safety behavior. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/24269} }
Refworks Citation Data :
Judul penelitian ini adalah analisis pengaruh persepsi risiko dan persepsi pada driving task terhadap perilaku keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko dan persepsi pada driving task terhadap perilaku keselamatan berkendara yang meliputi peraturan lalu lintas, perilaku agresif, kegiatan non-mengemudi, driving responsibility, dan carelessness. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuisioner tertutup dengan skala likert 1-5. Total responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang pengemudi bus Perum Damri Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling dengan pendekatan Partial Least Square dan diolah dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara persepsi risiko dan persepsi pada driving task tidak signifikan, persepsi resiko memiliki pengaruh terhadap perilaku keselamatan berkendara secara signifikan, dan persepsi pada driving task tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keselamatan berkendara.
Abstract
The title of this research is analysis effect of drivers’ risk perception and perception of driving tasks on driving safety behavior. This study aims to examine the effect of risk perceptions and perceptions of driving task on driving safety behavior encompassing traffic rules, aggressive behavior, non-driving activities, driving responsibility, and carelessness. This research used primary data collected through closed questionaire using likert scale of 1-5. Total sample size were 16 people consisted of Perum Damri Semarang City bus drivers'. This research was conducted using Structural Equation Modelling with Partial Least Square approach through SmartPLS. Results show that the correlation between risk perceptions and perceptions on driving tasks was not significant, risk perceptions significantly affect on driving safety behavior, and perceptions of driving tasks were not significantly affect on driving safety behavior.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com