skip to main content

USULAN PEMBUATAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) BARU PADA PROSES PENGAJUAN KLAIM JATUH TEMPO PERORAGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN DIAGRAM SWIMLANE STUDI KASUS KANTOR CABANG JIWASRAYA SEMARANG TIMUR

*Abra Duhita Nirmalasari  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia
Naniek Utami Handayani  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kacab Semarang Timur bagian Seksi Pertanggungan memiliki tugas salah satunya untuk memroses pengajan klaim jatuh tempo perorangan. Kegiatan penyelesaian klaim perorangan kategori jatuh tempo memiliki alur yang melibatkan lebih dari tiga pihak sehingga dalam proses pelaksanaan penyelesaian klaim perseorangan (jatuh tempo) memakan waktu cukup lama yaitu empat belas hari kerja sesuai SOP. Namun, SOP penyelesaian klaim tersebut juga belum memiliki rincian waktu baku penyelesaian per proses. Lamanya proses penyelesaian klaim perorangan (jatuh tempo) ini membuat pemegang polis asuransi Jiwasraya menuntut atas kecepatan penyelesaian klaim (Nota Dinas Direksi No.252.ND.U.1015). Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan pembuatan SOP baru untuk proses pengajuan klaim jatuh tempo perorangan dengan identifikasi waste yang terjadi. Penelitian ini dilakukan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kacab Semarang menggunakan value stream mapping(vsm) untuk memberikan gambaran rangkaian proses, aliran informasi, aliran fisik proses yang terjadi.. Sementara itu, Diagram Swimlane digunakan untuk membuat Standard Operational Procedure (SOP) baru dengan ketentuan waktu pengerjaan setiap proses. Tahapan dalam penelitian meliput: Pembuatan Value Stream Mapping (Current State Map), klasifikasi aktivitas :Value Added, Non Value Added Activity, waste, membuat diagram swimlane, membuat Value Stream Mapping (Future State Map). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOP baru berkontribusi mengurangi waktu penyelesaian klaim jatuh tempo perorangan dari total waktu 58,81 jam menjadi 44,81 jam.

 

ABSTRACT

                PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kacab Semarang Timur assured division  has the task to  process the due date of individual claims. The activities of individual claims settlement  have a plot involving more than three parties so that in the process of implementing the settlement of individual claims takes quite a long time i.e. fourteen business days according to SOP. However, they also claim settlement SOP does not yet have the details of the settlement of baku time per process. The length of individual claims settlement process it makes the holder of Jiwasraya insurance demanded the top speed claims process (Note Office of the Board of Directors no. 252. ND. U. 1015). This research aimed to suggest Jiwasraya Semarang Timur to make a new SOP for processing the due date of individual claims with identifying waste. This research was conducted on PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kacab Semarang using value stream mapping (vsm) to provide an overview of the series of processes, information flow, the flow of physical processes that occured.Meanwhile, Swimlane Diagram, used to make a Standard Operational Procedure (SOP) with the new provisions of the working time of each process. Stages in research covering: the creation of Value Stream Mapping (Current State diagram), the classification of the activity: Value Added, Non ValueAdded Activity, swimlane diagrams,creating waste,create Value Stream Mapping (Futu

re State diagram). The results showed that a new SOP contribute to reduce the time of individual claims settlement of total hours from to 58.81 hours to 44.81 hours.

Fulltext View|Download
Keywords: Standar Operasional Prosedur (SOP); value stream mapping; swimlane

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.