skip to main content

PERANCANGAN STRATEGI BERBASIS METODOLOGI LEAN STARTUP UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN PERUSAHAAN RINTISAN BERBASIS TEKNOLOGI DI INDONESIA

*Zihramna Afdi  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Zihramna Afdi, Perancangan Strategi Berbasis Metodologi Lean Startup untuk Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan Berbasis Teknologi di Indonesia. Rasio kegagalan startup sangat tinggi, 75% startup yang sedang berkembang mengalami kegagalan dalam perkembangannya. Prosentase kegagalan startup dalam berkembang dipengaruhi oleh periode dan sektor industri yang dijalankan. Startup gagal berkembang karena pemilihan strategi yang tidak tepat pada tahun pertama hingga tahun keempat setelah berdiri. Penelitian ini berupa perancangan strategi baru yang bersifat umum dengan berdasar pada metode lean startup untuk mengatasi tingginya prosentase kegagalan pertumbuhan startup. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi keberlangsungan proses pertumbuhan startup, mengidentifikasi failure factor sebagai faktor penghambat pertumbuhan yang harus diatasi oleh startup, dan merancang strategi yang tepat yang dapat diimplementasikan oleh startup di Indonesia. Penelitian dimulai dengan in-depth interview dengan responden ahli menggunakan metode delphi untuk mengidentifikasi variabel dan indikator kegagalan startup, dilanjutkan dengan menyeleksi indikator utama penyebab kegagalan startup menggunakan metode analytical network process. Setelah diperoleh prioritas penyebab kegagalan dilakukan formulasi strategi dengan berdasar pada metode lean startup. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden ahli setuju dengan 8 variabel beserta 55 indikator yang diusulkan dan didapatkan 10 prioritas penyebab kegagalan yang direkomendasikan untuk diatasi dengan metode minimum viable product, agile development, customer relationship management, dan pengelolaan sumber daya manusia.

 
 Abstract

 

 Zihramna Afdi, Strategic Formulation Based on Lean Startup Methodology to Encourage The Growth of Technology Based Startup Companies in Indonesia. The amount of startup failure ratio is very high, about 75% of growing startup failed to grow properly. Startup failure affected by period and their respective field. Startup failed to grow due to inappropiate strategy selection in their very first year until the fouth year. This research is about designing of new general strategies based on lean startup methodology to encourage startup growth.  The purpose of this study are identifying startup failure variables an indicator with Delphi method, continued by prioritize it’s main failed factor using Analytical Network Process (ANP). After failure factor obtained, the next step of the research is to formulate the strategy. The result of this sudy, researcher obtained 8 variables and 55 indicator of startup failure factor. By ANP model, obtained 10 priorities to be solved by formulating the new strategy using minimum viable product concept, agile development method, customer relationship management and human resource management. In the end gained a new strategy that can be used by startups to encourage their growth.

Fulltext View|Download
Keywords: startup; lean; failure factor; formulasi strategi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.