skip to main content

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PADA MPC (MAIL POST CENTER) PT POS INDONESIA, SEMARANG MENGGUNAKAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART

*Ahmad Harris Erdiawan  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perancangan Tata letak fasilitas merupakan salah satu masalah yang sangat penting karena tata letak sangat berpengaruh terhadap efisiensi operasi dan mempengaruhi biaya yang ada. Hal ini juga terdapat pada industry jasa. Salah satunya adalah PT. Pos Indonesia divisi MPC Semarang. Dari hasil pengamatan, tata letak bangunan dapat mereduksi biaya pemindahan bahan (material handling). PT. Pos Indonesia telah menetapkan rancangan tata letak fasilitas yang akan digunakan oleh Divisi MPC Semarang. Desain ini dibuat dengan menyesuaikan permintaan karyawan akan kebutuhan selama proses kerja pada Divisi MPC. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi design tata letak fasilitas sesuai dengan produk jasa yang utama yaitu jasa pengiriman dokumen dan paket lokal, domestik, dan luar negeri dan penataan ulang alur proses kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah Activity Relatioship Chart (ARC). Untuk dapat melakukan perancangan fasilitas maka diperlukan input data utama yaitu kebutuhan ruang kerja dan proes, kebutuhan ruang pendukung. Selain data utama tersebut, acuan penelitian berdasar pula pada aturan dasar klas gedung dari PT.Pos Indonesia Divisi MPc. Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya rancangan tata letak baru, PT POS Indonesia mendapat berbagai keuntungan, diantaranya adalah memiliki ruang proses yang lebih nyaman, terpisahnya produk jasa surat & paket, penggunaan ruang lebih maksimal, dan manajemen  lebih tertata rapi.

 

Abstract

Design of the facility layout is a very important issue because of the layout greatly affect the efficiency of the operations and affect the existing costs. It also presents in the services industry. One of them is PT. Pos Indonesia Semarang MPC division. The layout of the building can reduce the cost of moving the material (material handling). PT. Pos Indonesia has set for the layout of the facility that will be used by the Division of MPC Semarang. This design is made to adjust the demand for employees will need during the process of working on MPC Division. The purpose of this study is to optimize the design layout of the facility in accordance with document delivery services and packages of local, domestic, and foreign as the main service products to rearrange working process flow. The method used is the Relationship Activity Chart (ARC). To be able to design the facilities required input data that needed by working space and process, needs support space. In addition to the main data, the benchmark study is based also on the basic rules of building class PT.Pos Indonesia to prior Division. The results of this study are to their new design layout, PT POS Indonesia received various benefits, such as to have a more comfortable process chamber, the separation of product and services mail and packages, maximize use of space, and more efficience management area.

Fulltext View|Download
Keywords: tata letak fasilitas; kantor pos; divisi MPC; activity Relationship Chart (ARC);

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.