skip to main content

Usulan Perbaikan Aliran Material pada Warehouse Veneer pada PT. EBAKO Nusantara dengan menggunakan Sistem Barcode dan Desain rak

*Cynthia Yenitasari Sinuraya  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Arfan Bakhtiar  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT EBAKO Nusantara Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang furniture. Diantara beberapa produk yang di produksi terdapat pesanan khusus dengan detail tertentu,detail permukaan ini menggunakan kayu khusus yang dipotong tipis yang dikenal dengan sebutan veneer. Veneer adalah lembaran kayu tipis yang dihasilkan dari irisan, kupasan dan serutan gelondongan kayu / Logs (balok). Dalam proses produksi dengan penggunaan veneer yang memiliki ketipisan yang relatif rawan rusak diperlukan kondisi warehouse veneer yang baik. Warehouse veneer merupakan gudang penyimpanan untuk menyimpan veneer untuk produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan.Didalam warehouse ini terdapat sistem pengambilan veneer yang tidak teratur. Veneer yang letaknya diatas, akan dipergunakan dahulu dan veneer yang letaknya dibawah terus ditumpuk – tumpuk sehingga terjadi kerusakan pada kayu veneer mulai dari pecah hingga robek. Hal ini tidak memenuhi kaidah FIFO, yaitu First In, First Out (Pertama Masuk, Pertama Keluar), sebuah kegiatan yang berhubungan dengan cara mengatur dan memanipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Cara ini menggambarkan prinsip teknik pengolahan antreanpermintaan yang saling bertentangan dengan proses pemesanan berdasarkan perilaku first-come, first-served. Maka, hal ini dapat diatasi dengan pembuatan barcode yang berguna untuk pelabelan dan pembuatan desain rak agar veneer dapat mudah diambil.

 

Abstract

PT EBAKO Nusantara Indonesia is a company engaged in furniture. Among some of the products produced there are special orders with specific details, the details of this surface using special wood which cut thin, known as veneer. Veneers are thin sheets of wood produced from slices, peelings and shavings logs. In the production process with the use of the veneer that has a relatively prone to damage required a good veneer warehouse conditions. Veneer Warehouse is the storage repository for storing veneer to the production amounts and time frames that are then distributed to the desired location on request. In this warehouse there retrieval system veneer irregular. Veneer is located above, will be used first and is located under the veneer that keeps stacked - stacked, causing damage to the wood veneer ranging from crack  to tearing. This does not meet the rules of FIFO (First In, First Out), an activity that deals with how to organize and manipulate the data relative to time and prioritization. This process describes the principle of line processing techniques conflicting demands by ordering process is based on the behavior of first-come, first-served. So, this can be overcome by making the barcode that is useful for labeling and manufacture of veneer rack design that can be easily retrieved.

Fulltext View|Download
Keywords: Veneer; Warehouse; Barcode; Desain Rak

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.