skip to main content

Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Posture Analysis System (OWAS) Dan Biomekanika (Studi Kasus Percetakan Sumber Barokah Semarang)

*Karina Karina  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Haryo Santoso  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Dyah Ika Rinawati  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sumber Barokah merupakan usaha yang memproduksi kitab dan Al-Qur’an. Proses pengepakan dengan keadaan tempat kerja yang kurang ergonomis, menyebabkan terjadinya postur kerja yang berbahaya, sehingga menimbulkan keluhan muskuloskeletal pada pekerja. Dari hasil kuesioner Nordic Musculoskeletal Questionaire yang disebarkan pada 4 orang pekerja pada bagian pengepakan, selama 7 hari terakhir keluhan yang yaitu merasakan sakit pada leher 50%, kedua bahu 100%, punggung 100%, kedua siku 25%, pinggang 100%, serta kedua telapak dan pergelangan tangan 100%.

Pada penelitian ini dilakukan penilaian postur kerja dengan metode Ovako Working Posture Analysis System (OWAS) serta pendekatan biomekanika. Dari hasil penilaian dengan metode OWAS didapat 50% aktivitas termasuk pada kategori 1, 13% aktivitas termasuk pada kategori 2, dan 25% aktivitas termasuk pada kategori 3 dan 13% aktivitas termasuk pada kategori 4. Maka pada kategori 3 dan 4 tersebut perlu untuk dilakukan perbaikan tempat kerja karena dapat menyebabkan resiko keluhan muskuloskeletal bagi pekerja. Dari hasil perbaikan didapat bahwa 100% aktivitas termasuk pada kategori 1. Sedangkan untuk pendekatan biomekanika, pengurangan beban yang terjadi pada area L4-L5 sebesar 45,93% pada aktivitas ke 4, 60,78% pada aktivitas ke 5, 40,53% pada aktivitas ke 6, dan 18,36% pada aktivitas ke 7
Fulltext
Keywords: Postur Kerja; OWAS; Biomekanika; Keluhan Muskuloskeletal

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.