skip to main content

Perencanaan Strategi Bisnis Pada UKM Mebel Bambu Di Kabupaten Purworejo

*Achmad Farizal Imanudin  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Susatyo Nugroho W.P  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Diana Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Mebel bambu dijadikan salah satu potensi yang dikembangkan menjadi klaster unggulan di Kabupaten Purworejo. Namun, produksi UKM ini terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Berdasarkan fishbone awal, penyebab penurunan penjualan ini yaitu faktor manajemen, persaingan dengan pengrajin bambu dari daerah lain, inflasi, pemasaran yang belum optimal dan banyaknya produk impor. Faktor manajemen menjadi faktor yang paling mempengaruhi hal ini. Padahal manajemen dituntut untuk mampu merencanakan strategi bagi suatu organisasi dan pengambilan keputusan yang bersifat strategis. Sehingga dibutuhkan suatu strategi bisnis bagi UKM untuk membantu manajemen mengatasi permasalahan dan tantangan yang akan dihadapi. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal UKM ini dan merumuskan alternatif strategi serta memilih prioritas strategi bagi UKM Mebel Bambu di Kabupaten Purworejo. Analisis faktor internal dan eksternal menggunakan IFE dan EFE, penentuan posisi UKM dengan matriks IE dan proses perumusan strategi menggunakan SWOT Matriks. Alternatif strategi dipilih menggunakan MAUT. Hasilnya didapat lima strategi dengan prioritas tertinggi yaitu bekerjasama dengan UKM lain dalam pemesanan bahan baku secara kolektif (0,80), membuat website khusus untuk pemasaran produk UKM (0,72), menawarkan kerjasama dengan pemerintah dengan memberikan produk secara murah/gratis dengan syarat meletakkan mebel tersebut pada ruang tamu/tempat lain yang strategis di dinas tersebut (0,56), mengembangkan pasar produk dengan menjalin kerjasama antar sesama pebisnis mebel dalam asosiasi antar pebisnis (0,55) dan menawarkan produk kepada pesaing di daerah lain sebagai distributor (0,53).

 

 

Abstract

Bamboo furniture used as one of the potential that developed into a cluster seed in Purworejo. However, this SME production continues to decline from year to year. Based on the initial fishbone, this is the cause of the decline in sales management factors, competition with bamboo craftsmen from other areas, inflation, the marketing that is not optimal and many imported products. Management factor into the factors that most affect this. In fact, management is required to plan a strategy for an organization and making decisions that are strategic to the problems and challenges to be faced. So it takes a business strategy for SMEs to help management address the problems and challenges to be faced. This study aims to analyze internal and external factors SME and formulate alternative strategies and prioritize strategies for SME Bamboo in Purworejo. Analysis of internal and external factors using the IFE and EFE, positioning SME with IE matrix and strategy formulation process using the SWOT matrix. Alternative strategies have been used MAUT. The result obtained five strategies with the highest priority is cooperation with other SME in the ordering of raw materials collectively to reduce the price (0.80), make a website for the marketing of SME products (0.72), offered to cooperate with the government to provide cheap/free products with the terms put the furniture in the living room / other strategic places in the office (0.56), developing market products with cooperation among fellow business people in the association between businessmen furniture (0.55) and offer products to a competitor in other areas as the distributors (0.53).

Fulltext View|Download
Keywords: Strategi Bisnis; SWOT; matriks EFE dan IFE; matriks IE; MAUT.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.