skip to main content

Perkembangan Pasar Juwana Baru, 2005-2014

*Arif Febriyanto  -  Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sutejo Kuwat Widodo  -  Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Artikel ini membahas perkembangan Pasar Juwana Baru terhadap kehidupan sosial ekonomi pedagang dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2014. Kehidupan pedagang Pasar Juwana Baru dalam konteks kehidupan sosial ekonomi direkonstruksi melalui konsep Perkembangan, Kehidupan dalam aspek sosial ekonomi, dan Pedagang. Peristiwa kebakaran Pasar Juwana Baru tahun 2005 yang kemudian dibangun pasar darurat dan Pasar Juwana Baru hasil revitalisasi hingga diubahnya status pasar menjadi Pasar Rakyat, menjadi peristiwa besar yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi pedagang di dalamnya. Pedagang pasar harus bertahan dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Artikel ini menggunakan metode sejarah dengan empat tahap yang terdiri atas heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan yang terjadi pada Pasar Juwana Baru berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi pedagang didalamnya. Kedua aspek tersebut berpengaruh besar sebagai akibat dari perkembangan Pasar Juwana Baru, terutama dalam hal perubahan jumlah pedagang, perubahan sistem perdagangan, keberadaan organisasi sosial, perubahan pendapatan dan taraf hidup pedagang, serta penyerapan tenaga kerja.

Kata kunci: Perkembangan; Kehidupan Sosial Ekonomi; Pedagang Pasar.

Fulltext View|Download
  1. Agus Wijayati, Putri. (2009). Eksistensi pasar-pasar tradisional di Kota Semarang tahun 1873- 1914. Jurnal Pendidikan Sejarah FIS Unnes, 36(2), 167-183. Diakses melalui https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/1506
  2. Aringga, Mochammad, dan Fauziah, Luluk. (2016). Dampak sosial ekonomi pedagang kaki lima di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 4(2), 135-150. Diakses melalui https://jkmp.umsida.ac.id/index.php/jkmp/article/view/1638
  3. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pati. (2015). Profil Pasar Juwana Baru Tahun Anggaran 2015. Pati: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pati
  4. Hargito. 2021. Sejarah Masjid Besar Al Mukarromah Kota Juwana. Diakses pada 1 April 2021, https://al-mukarromah- juwana.com
  5. Kantor Pengelola Pasar Pati. (2008). Profil Pasar Juwana Baru Tahun Anggaran 2008
  6. Kartiko, Wahyu. (2017). Analisis strategi marketing syariah pada usaha mikro: studi kasus pada pedagang pakaian Pasar Juwana Baru Pati (Skripsi). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang, Indonesia
  7. Khurriyatuzzahroh, Sri. (2016). Analisis persaingan bisnis pedagang pasar ditinjau dari etika bisnis Islam (studi kasus di Pasar Juwana Baru pasca kebakaran) (Skripsi). STAIN Kudus, Kudus, Indonesia
  8. Pemerintah Daerah Kabupaten Pati. (2005). Proposal rencana pembangunan Pasar Juwana Baru oleh Bupati Pati tahun 2005. Pati: Pemerintah Daerah Kabupaten Pati
  9. Rohmah, Safaatur. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pendapatan pedagang Pasar Juwana Baru Kabupaten Pati (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  10. Rohmawati, Nurana. (2016). Analisis persepsi pedagang etnik Tionghoa dalam memilih jasa perbankan syariah (studi kasus pada pedagang etnik Tionghoa di Pasar Juwana Pati) (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus, Kudus, Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.