skip to main content

APLIKASI WebGIS PARIWISATA MENGGUNAKAN GOOGLE MAP API DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 12 Nov 2015.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah cukup maju terutama di bidang jaringan tanpa kabel. Mulai dari alat yang digunakan hingga kecepatan jaringan tanpa kabel yang ada. Informasi yang ada di suatu daerah dapat tersebar dengan mudah ke daerah lain hanya dalam hitungan detik. Hal ini sangat memudahkan komunikasi di era yang serba maju sekarang ini.  Akan tetapi informasi yang ada jika tidak dikelola dengan baik tentu saja akan menyulitkan komunikasi tersebut. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang mengatur informasi tersebut atau lebih dikenal dengan sistem informasi.Sistem informasi ada yang sebatas tulisan saja dan ada yang dilengkapi dengan gambar maupun peta.Sistem informasi yang dilengkapi dengan peta ini disebut dengan Sistem Informasi Geografis.

Lombok Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang besar.Namun potensi pariwisata ini tidak dapat diketahui oleh wisatawan, dikarenakan kurangnya informasi tentang pariwisata Kabupaten Lombok Timur.Disamping itu, Informasi yang disediakan selama ini hanya bersifat statis. Mengacu pada pemahaman tersebut maka penelitian ini mengkaji Potensi Pariwisata Kabupaten Lombok Timur dengan menciptakan aplikasi WebGIS  menggunakan Google Map API.

Kata kunci: WebGIS, Pariwisata dan Lombok Timur.

 

 

ABSTRACT

The developments of technology have already moved forward specially in wireless and network technology. The movement in fact is begine from hardware tools used and the speed of network. However, this movement of technology could make communication easier, an information in a place or in a village sould dissapear in only some second time. But an information has to be handled well to make it easier to be understood by many people. Because of that, the need of aspecial good system is highly needed to manage the information wich called information system. There are information system with only in words or writing and others with pictures or maps. The system with map called Geographic Information System.

East Lombok has big tourism potency, however this potency is un known by tourist, because the lack of information. Currently information prouded is only in static character. And this research aims to determine this potency in East Lombok by creating WebGIS Application Using Google Maps API.

Keywords: WebGIS, Tourism and East Lombok.

 

*) Penulis, Penanggungjawab

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.