skip to main content

Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kecamatan Genuk Menggunakan Sistem Informasi Geografis Berbasis Segmen Jalan

1Universitas Diponegoro, Indonesia

2Department of Geodetic Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 21 Sep 2024; Accepted: 7 Jan 2025; Available online: 30 Jan 2025; Published: 17 May 2025.

Citation Format:
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk memicu terjadinya peningkatan volume jumlah kendaraan di suatu daerah, salah satu akibatnya yaitu masalah kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang menimbulkan korban manusia dan/atau kehilangan harta materiil tanpa bisa diprediksi. Melalui Sistem Informasi Geografis, informasi kecelakaan lalu lintas dapat diurai, diidentifikasi dan dipetakan secara spasial. Pada penelitian ini, identifikasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Genuk dilakukan menggunakan metode identifikasi berbasis segmen jalan. Peredaran titik kecelakaan dihitung dengan jumlah kejadian per segmen jalan selama setahun. Hasil penelitian ini menyatakan untuk segmen jalan 1000 m, terdapat satu segmen jalan yang konsisten masuk ke dalam kategori kerawanan tinggi dalam dua tahun pada tahun 2020 dan tahun 2021 yaitu Jalan Kaligawe II. Sedangkan pada segmen jalan 500 m, segmen jalan kerawanan tinggi terdapat pada Jalan Kaligawe yaitu Jalan Kaligawe IV pada tahun 2020 dan Jalan Kaligawe III pada tahun 2021. Hasil pemodelan area blackspot dalam kurun waktu 2020-2020 menunjukkan area blackspot terdapat pada Jalan Kaligawe yaitu Jalan Kaligawe IV pada tahun 2020 dan Jalan Kaligawe I pada tahun 2022. Berdasarkan verifikasi yang dilakukan, didapatkan tingkat verifikasi peta yang terbentuk sebesar 75 %.
Fulltext View|Download
Keywords: segmen jalan; kecelakaan lalu lintas; SIG

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.