skip to main content

IMPLEMENTASI METODE CLUSTER ANALYSIS DALAM ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KECAMATAN SEMARANG UTARA

1Department of Geodetic Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

2Departemen Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 11 Jun 2021; Revised: 28 Jun 2021; Accepted: 28 Jun 2021; Available online: 30 Jul 2021; Published: 30 Jul 2021.

Citation Format:
Abstract
Peningkatan populasi penduduk menjadikan pemicu meningkatnya kebutuhan kendaraan di suatu daerah. Peningkatan ini dapat memicu terjadinya banyak kecelakaan lalu lintas yang dapat menyebabkan cidera ataupun kematian. Kecelakaan lalu lintas merupakan insiden di mana waktu dan lokasi terjadinya tidak mudah diperkirakan. Informasi kecelakaan lalu lintas dapat dituangkan dalam bentuk spasial atau keruangan dalam Sistem Informasi Geografis. Pada penelitian ini, pemetaan dan analisis daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Semarang Utara dilakukan menggunakan metode clustering. Metode ini dapat menentukan tingkat kerawanan suatu daerah dengan melakukan pengelompokkan data berdasarkan lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas. Algoritma clustering yang digunakan dalam penelitian ini adalah K-Medians clustering yaitu algoritma yang memiliki kesamaan dengan algoritma K-Means clustering yang secara parsial memisah datas menjadi beberapa kelompok. Hasilpenelitian ini menunjukkan 80 kejadian kecelakaan lalu lintas yang tersebar di 9 kelurahan. Kecelakaan lalu lintas terbanyak terjadi di Kelurahan Tanjung Mas dan tersedikit terjadi di Kelurahan Dadapsari. Uji validitas metode K-Medians clustering memiliki nilai sillhoute coefficient sebesar 0,672 yang berarti K-Medians clustering dapat melakukan pengelompokkan daerah rawan kecelakaan lalu lintas dengan kategori kekuatan struktur sedang (medium structure) dan validitas tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas sebesar 92,8%.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.