skip to main content

ANALISIS PERBANDINGAN NILAI EKONOMI KEBERADAAN BERDASARKAN METODE HEDONIC PRICING METHOD (STUDI KASUS: TAMAN TIRTA ARGO SIWARAK DAN WATU GUNUNG LEREP UNGARAN)

Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 30 Jun 2020; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Kabupaten Semarang berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 1950 menetapkan secara definitif tentang pembentukan kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Semarang banyak kawasan pariwisata berbasis kolam renang yang menampakkan keindahan alam didalamnya yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai contoh adalah objek wisata Taman Tirta Argo Siwarak dan Watu Gunung Lerep Ungaran. Besarnya jumlah permintaan kunjungan wisata akan mempengaruhi perkembangan suatu objek wisata. Terdapat beberapa faktor-faktor yang akan mempengaruhi jumlah permintaan kunjungan wisata tersebut yang akan memberikan dampak signifikan bagi perkembangan wisata di Kabupaten Semarang. Berdasarkan hal tersebut diperlukannya analisis dengan menggunakan pendekatan metode HPM (Hedonic Pricing Method) untuk mengetahui pengaruh nilai hedonik terhadap faktor jumlah permintaan kunjungan wisata serta mengetahui pengaruh nilai hedonik terhadap nilai TEV rerata selama 5 tahun, metode CVM (Contingen Valuation Method) dan TCM (Travel Cost Method) untuk mengukur nilai ekonomi kawasan wisata. Metode pengolahan data yang digunakan analisis regresi linier berganda dan melakukan perhitungan menggunakan perangkat lunak Maple 17 sehingga dapat digunakan untuk pembuatan Peta TEV. Kemudian dilakukan survei toponimi untuk pembuatan Peta Utilitas. Dalam penelitian tugas akhir ini, diperoleh nilai ekonomi kawasan, dengan nilai total ekonomi Taman Tirta Argo Siwarak Tahun 2018 sebesar Rp. 156.795.811.300 sedangkan nilai total ekonomi Watu Gunung Lerep Ungaran Tahun 2018 sebesar Rp. 183.430.255.500. Dan juga hasil penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah permintaan kunjungan wisata dari metode TCM dan metode HPM serta dari hasil perhitungan nilai hedonik metode HPM (Hedonic Pricing Method) diperoleh untuk mengetahui bahwa nilai hedonik berpengaruh positif terhadap hasil nilai TEV rerata selama 5 tahun. Jika dari hasil perhitungan nilai hedonik lebih besar, maka nilai TEVnya juga akan berpengaruh lebih besar.

Kata Kunci : HPM, CVM, TCM, Taman Tirta Argo Siwarak, Watu Gunung Lerep Ungaran

 

ABSTRACT

Semarang Regency based on Law No. 13 of 1950 stipulates definitively about the formation of districts within the Central Java Province. Semarang Regency many swimming pool-based tourism areas that reveal natural beauty in it are interesting to visit. An example is the tourism object of Tirta Argo Siwarak Tourism Park and Watu Gunung Lerep Ungaran Tourism. The large number of requests for tourist visits will affect the development of a tourist attraction. There are several factors that will affect the number of requests for tourist visits which will have a significant impact on the development of tourism in Semarang Regency. Based on this analysis is needed by using the HPM (Hedonic Pricing Method) approach to determine the effect of hedonic values on the factor of the number of tourist visits and to determine the effect of hedonic values on the average TEV value for 5 years, the CVM (Contingen Valuation Method) and TCM (Travel Cost Method) to measure the economic value of the tourist area. The data processing method used is multiple linear regression analysis and perform calculations using Maple 17 software so that it can be used for making TEV Maps. Then toponymy survey was made for the creation of a Utility Map. In this final project research, the regional economic value is obtained, with the total economic value of the Tirta Argo Siwarak Tourism Park in 2018 of Rp. 156.795.811.300 while the total economic value of Watu Gunung Lerep Ungaran Tourism in 2018 was Rp. 183.430.255.500. And also the results of this study to determine what factors influence the number of tourist requests for requests from the TCM method and the HPM method as well as from the calculation of the hedonic value of the HPM method (Hedonic Pricing Method) obtained to know that the hedonic value has a positive effect on the results of the average TEV value for 5 year. If the hedonic value calculation results are greater, then the TEV value will also have a greater effect.

Keywords : HPM, CVM, TCM, Tirta Argo Siwarak Tourism Park, Watu Gunung Lerep Ungaran Tourism

 

Fulltext View|Download
Keywords: HPM, CVM, TCM, Tirta Argo Siwarak Tourism Park, Watu Gunung Lerep Ungaran Tourism

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.