skip to main content

VISUALISASI PETA FASILITAS PENUNJANG WISATA RELIGI KABUPATEN DEMAK MENGGUNAKAN APLIKASI CARRYMAP (Studi Kasus Masjid Agung Demak Dan Makam Kadilangu)

Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 15 Nov 2017; Published: 15 Nov 2017.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Salah satu bidang kehidupan manusia yang sangat membutuhkan informasi adalah bidang pariwisata. Berbagai informasi mengenai perkembangan pariwisata, sarana pendukung, objek wisata, pengunjung hingga informasi mengenai penduduk setempat merupakan informasi yang penting untuk diketahui. Informasi yang kredibel mengenai gambaran lokasi wisata sangat dibutuhkan oleh wisatawan untuk merencanakan perjalanan dari tempat tinggal hingga ke tempat tujuan, selama berada di lokasi wisata hingga pulang kembali ke tempat tinggal.

Kabupaten Demak merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal dengan pariwisata keagamaan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata merupakan salah satu pendapatan utama Kabupaten Demak disamping pertanian. Objek wisata yang paling dikenal di Kabupaten Demak adalah Masjid Agung Demak dan Makam Kadilangu. Salah satu pelayanan pariwisata yang perlu ditingkatkan adalah pelayanan informasi. Sampai saat ini pelayanan informasi yang berkaitan dengan pariwisata di Kabupaten Demak masih bersifat konvensional.

Pada penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi peta persebaran fasilitas penunjang wisata religi di Kabupaten Demak. Hasil aplikasi yang dibuat pada penelitian ini dapat dijalankan pada platform desktop pc dan smartphone. Ketelitian posisi dari aplikasi adalah 7,824 meter. Kriteria efisiensi dengan nilai 79,333 dan kriteria kepuasan dengan nilai 79 yang diperoleh dari hasil uji usability. Dengan adanya peta pelayanan informasi wisata yang dapat diakses dengan smartphone ini diharapkan dapat mempermudah wisatawan dalam memperoleh berbagai informasi pariwisata serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar objek wisata.

Fulltext View|Download
Keywords: Carrymap, Fasilitas penunjang wisata, Makam Kadilangu, Masjid Agung Demak

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.