skip to main content

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PERSEBARAN KANTOR POS DI KOTA SEMARANG DENGAN GOOGLE MAPS API

Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Kantorpos sebagai fasilitas umum layanan masyarakat yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan pengiriman dan juga lembaga keuangan non bank masih memiliki keterbatasan mengenai letak lokasi yang persebarannya tidak merata di Kota Semarang dan dikarenakan sebagian kantor pos cabang memiliki masa kontrak Hak Guna Bangunan dengan jangka waktu 3 sampai 5 tahun, Oleh sebab itu Penelitian ini juga mencangkup mengenai analisis penentuan lokasi baru kantorpos di Kota Semarang dengan memanfaatkan data spasial yang telah didapat baik dari survey lapangan melalui metode Buffering dan overlay dengan menggunakan perangkat lunak ArcGIS 9.3

Internet merupakan media informasi yang tergolong cepat dan murah sehingga media tersebut sangat cocok untuk perkembangan SIG (Sistem Informasi Geografis). Sedangkan SIG yang dikembangkan berbasis Internet melalui media web dikenal sebagai webGIS.Adanya internet sebagai media teknologi informasi dan komunikasi yang mempengaruhi dalam kehidupan manusia saat ini memberikan banyak kemudahan, salah satunya memudahkan masyarakat dalam pencarian informasi tempat danpencarianlokasi.

Dikarenakan kurangnya informasitentang kantorpos di kota Semarang. Disamping itu, Informasi yang disediakan selama ini hanyabersifat statis. Mengacu pada pemahaman tersebut maka penelitian ini mengkaji persebaran kantorpos kota Semarangdengan menciptakan aplikasiWebGIS  menggunakan Google Maps API. Dan sebagai alternatif dalam memberikan informasi yang cepat, tepat, dan up to date bahasa pemrograman menggunakan HTML dan PHP sebagai dasar dari halaman situs yang disajikan dan didukung oleh Database MySQL pada sistem operasi windows 7.Aplikasi Sistem Informasi Geografis persebaran kantorpos kota Semarang ini diharapkan dapat membantu bagi para pengguna dalam memperoleh informasi spasial dan juga non spasial mengenai kantorpos yang ada di kota Semarang, dengan mengakses melalui alamat situs www.semarang-pos.com yang berbasis desktop melalui perangkat komputer dengan media Internet.

 

Kata Kunci: Analisis Penentuan LokasiBaru, Buffering,Lokasi Kantor Pos, WebGIS,

 

ABSTRACT

 

The post office as a public facility which serves delivery service provider and nonbank financial institutions still has limitations because of the unequal location spreading in Semarang. Most of post offices branch have a contract period of 3 to 5 years. Therefore, this research aims to analysis a determining locations of new post offices in Semarang city by utilizing spatial data which have been obtained from field surveys through Buffering and overlay methods using ArcGIS 9.3.

Internet is an information tool which is fast and cheap so that it is very suitable for the GIS (Geographic Information System) development. Besides, GIS is developed based on the Internet via web media known as WebGIS. The existence of the Internet as an information and communication technology that affect human life at this time provides a lot of convenience, one of which allows people to search for informations andlocations.

Due to lack and staticinformation about the post offices in Semarang, this study examines the distribution of post office in Semarang by creating a Web GIS application using the Google Maps API. As an alternative to provide fast, accurate and up to date nformations, it uses the programming language HTML and PHP. And therefore the basis of the site pages presented and supported by a MySQL database on Windows 7 operating system. Post officedistribution in Semarangby using Geographic Information Systems Application is expected to help to the users for obtaining information on the spatial and non-spatial regarding the post office in Semarang. Which can be accessed through the website address www.semarang-pos.combased desktops through a computer device with Internet

 

Keywords :Buffering, New Location defined Analysis, Post Office Location,WebGIS

 

*) Penulis, Penanggungjawab
Fulltext View|Download
Keywords: Analisis Penentuan LokasiBaru, Buffering,Lokasi Kantor Pos, WebGIS,

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.