skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN INTENSI MEMBELI SMARTPHONE PADA REMAJA SMA KARANGTURI SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Intensi membeli yang tinggi smartphone, dapat menurunkan minat belajar, kemudahan mengakses gambar dan video porno membuat remaja lebih menyukai budaya barat tanpa melakukan proses filterisasi. Secara teoritis intensi membeli dipengaruhi oleh konformitas. Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris hubungan konformitas dengan intensi membeli smartphone siswa SMA Karangturi Semarang.
Penelitian ini merupakan korelasi dengan mengambil subjek dengan metode cluster sampling dan didapatkan sampel sebanyak 57 siswa. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi, Skala Intensi Membeli dengan 22 item valid (α = 0,880) dan Skala Konformitas dengan 22 item valid (α = 0,919). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,686 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif konformitas dengan intensi membeli, semakin kuat konformitas maka semakin tinggi intensi membeli smartphone, demikian sebaliknya semakin rendah konformitas maka semakin rendah intensi membeli smartphone. Konformitas memberi sumbangan efektif terhadap intensi membeli siswa SMA Karangturi Semarang sebesar 47,1% dan sisanya sebesar 52,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Konformitas dan Intensi Membeli

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.