skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTENSI AGRESI PADA ANGGOTA PENCAK SILAT X

Published: 22 Aug 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada anggota pencak silat x. Subjek penelitian ini adalah anggota pencak silat x cabang Desa Botok. Subjek penelitian ini berjumlah 74 orang. Pengambilan data menggunakan skala kecerdasan emosional (31 aitem valid dengan α=0,883) dan skala intensi agresi (44 aitem valid dengan α=0,908) yang sebelumnya telah diujicobakan pada 90 anggota pencak silat x.
Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi sebesar -0,538 dengan p=0,00 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada anggota pencak silat x dapat diterima.
Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan arah hubungan kedua variabel adalah negatif, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah intensi agresi pada anggota pencak silat x. Variabel kecerdasan emosional dalam penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 29% terhadap variabel intensi agresi pada anggota pencak silat x, serta 71% dipengaruhi oleh faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan emosional, Intensi Agresi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.