skip to main content

HUBUNGAN ANTARA SECURE ATTACHMENT DENGAN KECENDERUNGAN MELAKUKAN KEKERASAN DALAM PACARAN PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN DAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Published: 22 Aug 2014.

Citation Format:
Abstract
Salah satu permasalahan yang biasanya muncul dalam hubungan berpacaran adalah kurangnya pengertian dari pasangan sehingga memunculkan penekanan terhadap salah satu pihak, wujud nyata perilaku ini adalah munculnya kekerasan dalam berpacaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara secure attachment dengan kecenderungan melakukan kekerasan dalam pacaran.
Penelitian menggunakan 62 mahasiswa Teknik Geologi Universitas Diponegoro Semarang dengan karakteristik angkatan 2009-2013, laki-laki, memiliki pacar, sudah berpacaran dengan pacar yang sekarang lebih dari 3 bulan, tinggal dalam satu kota dengan pacar (tidak berpacaran dengan kondisi jarak jauh atau long distance relationship). Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Kecenderungan Melakukan Kekerasan Dalam Pacaran dan Skala Secure Attachment.
Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,292 dengan p = 0,011 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan negatif antara secure attachment dengan kecenderungan melakukan kekerasan dalam pacaran. Semakin tinggi secure attachment maka kecenderungan melakukan kekerasan dalam pacaran semakin rendah, demikian pula sebaliknya.
Fulltext View|Download
Keywords: Kecenderungan Melakukan Kekerasan Dalam Pacaran, Secure Attachment, Mahasiswa

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.