Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7390, author = {Amilia Rachman and Yeniar Indriana}, title = {HARDINESS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI DITINJAU DARI TINGKAT OPTIMISME}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {4}, year = {2013}, keywords = {Tingkat Optimisme, Hardiness, Penyelesaian Skripsi}, abstract = { Skripsi merupakan syarat kelulusan sekaligus salah satu sumbangan terbesar mahasiswa dalam ilmu pendidikan. Bagi beberapa mahasiswa, skripsi dianggap stressor yang menekan sehingga perkuliahan berujung pada prokrastinasi bahkan drop-out , terlebih lagi tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan cara curang untuk menyelesaikan skripsi. Dibutuhkan kepribadian hardiness agar mahasiswa tahan bahkan dapat menetralkan stres tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara Tingkat Optimisme dengan Hardiness Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi. Karakteristik subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2007-2009 yang sedang mengerjakan skripsi minimal dua semester dengan subjek penelitian sebanyak 70 mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling insidental kuota. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Optimisme (25 aitem valid, α = 0,911) dan Skala Hardiness (28 aitem valid, α = 0,907). Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,691 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara tingkat optimisme dan hardiness mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Semakin tinggi tingkat optimisme maka semakin tinggi hardiness dan sebaliknya. Sumbangan efektif tingkat optimisme terhadap hardiness mahasiswa yang sedang menyelesaikan penelitian sebesar 47,8% dan selebihnya berasal dari faktor lain yang tdak diteliti dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {43--52} doi = {10.14710/empati.2013.7390}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7390} }
Refworks Citation Data :
Skripsi merupakan syarat kelulusan sekaligus salah satu sumbangan terbesar mahasiswa dalam ilmu pendidikan. Bagi beberapa mahasiswa, skripsi dianggap stressor yang menekan sehingga perkuliahan berujung pada prokrastinasi bahkan drop-out, terlebih lagi tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan cara curang untuk menyelesaikan skripsi. Dibutuhkan kepribadian hardiness agar mahasiswa tahan bahkan dapat menetralkan stres tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara Tingkat Optimisme dengan Hardiness Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi.
Karakteristik subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2007-2009 yang sedang mengerjakan skripsi minimal dua semester dengan subjek penelitian sebanyak 70 mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling insidental kuota. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Optimisme (25 aitem valid, α = 0,911) dan Skala Hardiness (28 aitem valid, α = 0,907). Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,691 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara tingkat optimisme dan hardiness mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Semakin tinggi tingkat optimisme maka semakin tinggi hardiness dan sebaliknya. Sumbangan efektif tingkat optimisme terhadap hardiness mahasiswa yang sedang menyelesaikan penelitian sebesar 47,8% dan selebihnya berasal dari faktor lain yang tdak diteliti dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University