skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI PAKAIAN DI ONLINE SHOP PADA REMAJA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui hubungan antara konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam membeli pakaian online shop pada remaja. Subjek penelitian berjumlah 123 orang siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Kesatrian 1 Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode skala. Perilaku konsumtif diukur dengan menggunakan Skala Perilaku konsumtif yang terdiri dari 37 aitem valid (α= 0, 903). Konformitas diukur dengan menggunakan Skala Konformitas yang terdiri dari 22 aitem valid (α= 0, 829).

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,360 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Kesatrian 1 Semarang. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 13% pada perilaku konsumtif  siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) SMA Kesatrian 1 Semarang.

Fulltext View|Download
Keywords: Konformitas, Perilaku Konsumtif

Article Metrics:

  1. Aryani, G. 2006. Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja di SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Semarang. Psikologi Unnes. Skripsi Tidak Diterbitkan
  2. Baron, R & Byrne, D. 2004. Social Psychology Understanding Human Interaction. New York : Allyn and Bacon Inc
  3. Chen-Yu & Seock. 2002. Adolescent’s Clothing Purchase Motivation, Information Sources, And Store Selection Cretiria: Comparison Of Male/ Female and Impulse/Nonimpulse Shoppers. Family and Consumer Sciences Research Journal. Vol 3 no 4, American Association of and Consumer Science
  4. Harian Kompas. 2012. Agar Belanja “Online” Tak Bikin Konsumtif.. http://female.kompas.com/read/2012/02/07/15240012/Agar.Belanja.Online.Tak .Bikin.Konsumtif (diakses pada tanggal 20 Agustus 2012)
  5. Hurlock, E.B. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo .2004. Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga
  6. Mowen, J & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Dwi Kartini Yahya. Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta : Erlangga
  7. Rosandi, A.F. 2004. Perbedaan Perilaku Konsumtif Antara Mahasiswa Pria dan Wanita di Universias Katolik Atma Jaya. http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID61&src=k&id=78012. (Tanggal Akses 18 Januari 2013)
  8. Segut. 2008. Survei tren dan perilaku remaja: Tampil gaya dan gandrung music pop. Majalah Marketing. http://www.marketing.co.id/ Common/ File.ashx?Id=4790
  9. Sumartono. 2002. Terperangkap dalam iklan : Meneropong imbas pesan Iklan Televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta
  10. Swastha, B dan Handoko, H.T . 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta : BPFE UGM
  11. Zebua, A & Nurdjayadi, R. 2001. Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.