skip to main content

PENGARUH POLA ASUH OTORITER ORANG TUA YANG BEKERJA TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA DI SMP 16 PONTIANAK

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 111, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 78113, Indonesia

Published: 11 Nov 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Perubahan fisik maupun psikologis pada remaja sering memicu perilaku agresivitas yang marak terjadi di lingkungan sekolah. Sebesar 38% dari total 7.451 korban kekerasan di Indonesia berasal dari remaja kelompok usia 13-17 tahun, dimana pola asuh otoriter dan sikap acuh orang tua menjadi pemicu utama. Penelitian ini bertujuan mengkaji pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku agresif pada siswa SMP N 16 Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 92 siswa dengan pola asuh otoriter dengan alat pengumpulan data menggunakan Google Form. Pengolahan data dianalisis dengan software IBM SPSS versi 26.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh otoriter berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perilaku agresif siswa dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,957 (β=0,957, p=0,000), dengan 48% variabel agresivitas dipengaruhi oleh pola asuh otoriter dimana 35 siswa (56,67%) mengalami pola asuh otoriter tinggi dan 32 siswa (54,46%) menunjukkan perilaku agresivitas tinggi. Terbukti bahwa semakin tinggi tingkat pola asuh otoriter berdampak pada agresivitas siswa.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (315KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (3MB)    Indexing metadata
Keywords: Perilaku Agresivitas; Pola Asuh Otoriter; Siswa

Article Metrics:

  1. Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122. https://doi.org/10.21043
  2. Carima, F., & Prasetyaningrum, J. (2017). Perilaku Bullying pada Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Otoriter Orangtua dan Jenis Kelamin [Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50119
  3. Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Siswa/Siswi SMK YUDYAKARYAMAGELANG. Jurnal Empati, 5(3), 491–502. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15390
  4. Firdaus, M. T. (2013). Faktor-faktor Penyebab Perilaku Agresif pada Siswa di SMP Kelurahan Kedung Asem Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 2(1), 68–76
  5. Ginting, L. C. N. (2022). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMPN 22 Kota Jambi
  6. Hurlock, E. B. (2005). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
  7. Kemenko PMK. (2023, November 20). Penguatan Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga dalam Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 3
  8. Kumairoh. (2024, November 14). Kasus Anak Berkonflik Hukum Capai 60 Kasus di Pontianak. Www.Sonora.Id. https://kpad.pontianak.go.id/berita/kasus-anak-berkonflik-hukum-capai-60-kasus-di-pontianak
  9. Mil, S., & Ningsih, A. S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Agresif Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 219–225. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.500
  10. Novitasari, Z., Sa’idah, I. A., & Asrori, M. A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Siswa Di MTS SA Darul Istiqomah. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 16(1), 32–39. https://doi.org/10.29138/lentera.v16i1.269
  11. Nurnawati, E. (2023). Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Perkembangan Mental Anak. Gunung Djati Conference Series, 19
  12. Permana, D., & Prasetyo, A. F. (2021). Psikologi Olahraga: Pengembangan Diri dan Prestasi (Abdul, Ed.; 1st ed.). Penerbit Adab
  13. Ramadhani, S., Meliala, S., & Siregar, I. M. (2024). Psikologi Sosial dalam Fokus: Teori, Metode dan Aplikasi. umsu press
  14. Salenussa, M. N., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting) dan Perilaku Agresif pada Siswa di Salah Satu SMA di Maluku Tengahh. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2, 1085–1092. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4071
  15. Saraswati, F. I., Anas, M., & Fadhilah Umar, N. (2023). Agresivitas Siswa Dan Penanganannya: Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi An-Nas. PINISI : Journal of Art, Humaity & Social Studies, 3(2). https://journal.unm.ac.id/index.php/pjahss
  16. Sri Ramadhani, Sinarsi Meliala, & Indo Mora Siregar. (2024). Psikologi Sosial dalam Fokus : Teori, Metode dan Aplikasi (Inggrit Puspita Sari, Ed.). UMSU PRESS
  17. Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Nilacakra
  18. Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Buah Hati, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i1.562
  19. Ulfah, M. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Terhadap Perkembangan Kepribadian Remaja (Di SMA KH. Dewantoro, Pinang Kota Tangerang)
  20. Yunalia, E. M., & Etika, A. N. N. (2020). Analisis perilaku agresif pada remaja di sekolah menengah pertama. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 38–45. https://doi.org/10.31101/jhes.1358

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.