skip to main content

PENGARUH MUSIK JAZZ TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA SMA KELAS XI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh musik jazz terhadap kecerdasan emosi remaja kelas XI SMA Semarang.

Desain penelitian yang digunakan adalah non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek pada penelitian ini masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi sebanyak 60 aitem.

Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Sign Rank dan Mann-Whitney. Uji yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Sign Rank  menghasilkan nilai signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,552 (p= 0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Sedangkan uji yang dilakukan dengan menggunakan teknik Mann-Whitney menghasilkan taraf signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,54 (p=0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa pada kelompok control dan kelompok eksperimen.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan emosi, Musik jazz, Remaja kelas XI SMA

Article Metrics:

  1. Barber, N.L, & Barber, J.L. 2003. Jazz for Success: Alternative Music Therapy to Enhance Student Development in College. North Dartmouth,MA: University of Massachusettes Dartmouth
  2. Bar-on, R., Maree, J.G., & Elias, M.J. 2007. Educating People to be Emotionally Intelligent. British Library Cataloge
  3. Chou, P.T. 2010. Attention drainage effect: How background music effectsconcentration in Taiwanese college students. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 10, No. 1, pp. 36 – 46
  4. Fachner, J. 2003. Jazz, Improvisation And A Social Pharmacology Of Music. Music Therapy Today, vol. IV, 3
  5. Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence. Terjemahan oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  6. Gunarsa, S.D. 2009. Dari Anak sampai usia lanjut: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta: Gunung Mulia
  7. Hardjana, S. 2004. Esai dan Kritik Musik. Yogyakarta: Galang Press
  8. Hardjana, S. 2004. Musik Antara Kritik dan Apresiasi. Jakarta: Buku Kompas
  9. Holmes, T. 2006. American Popular Music: Jazz. New York: An Imprint of Infobase Publishing
  10. Rasyid, F. 2010. Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta: DIVA Pers
  11. Santrock, J.W. 2007. Ahli Bahasa: Shinto, B.A. & Sherly, S. Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga
  12. Sarwono, S.W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers
  13. Schneck, D.J & Berger D.S. 2006. The Music Effect: Music Physiology and Clinical Applications. London: British Library Cataloguing in Publication Data
  14. Sigman, B.S., K.J. 2005. Using Background Music In The Classroom To Effectivity Enhance Concentration Within The Learning Environtment. Thesis (tidak diterbitkan). Degree Master of Education in The Graduate School of Marietta College
  15. Tridhonanto, Al. & Beranda A. 2010. Meraih sukses dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  16. Yuanitasari, L. 2008. Terapi Musik untuk Anak Balita: Panduan untuk mengoptimalkan Kecerdasan Anak Melalui Musik. Yogyakarta: Cemerlang Publishing

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.