Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI5254, author = {Damar Yulissusanti and Prasetyo Widodo and Diana Rusmawati}, title = {PENGARUH MUSIK JAZZ TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA SMA KELAS XI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Kecerdasan emosi, Musik jazz, Remaja kelas XI SMA}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh musik jazz terhadap kecerdasan emosi remaja kelas XI SMA Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah non-randomized pretest-posttest control group design . Subjek pada penelitian ini masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi sebanyak 60 aitem. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Sign Rank dan Mann-Whitney. Uji yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Sign Rank menghasilkan nilai signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,552 (p= 0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Sedangkan uji yang dilakukan dengan menggunakan teknik Mann-Whitney menghasilkan taraf signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,54 (p=0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa pada kelompok control dan kelompok eksperimen. }, issn = {2829-1859}, pages = {80--93} doi = {10.14710/empati.2013.5254}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/5254} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh musik jazz terhadap kecerdasan emosi remaja kelas XI SMA Semarang.
Desain penelitian yang digunakan adalah non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek pada penelitian ini masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi sebanyak 60 aitem.
Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Sign Rank dan Mann-Whitney. Uji yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Sign Rank menghasilkan nilai signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,552 (p= 0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Sedangkan uji yang dilakukan dengan menggunakan teknik Mann-Whitney menghasilkan taraf signifikasi lebih besar dari taraf nyata, yakni 0,54 (p=0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor kecerdasan emosi siswa pada kelompok control dan kelompok eksperimen.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University